Punya Tugas Berat, Wakil Ketua Fraksi PKS Dukung Peningkatan Kesejahteraan Guru PAUD

Mar 12, 2021 13:12
Wakil Ketua Fraksi PKS Kota Malang yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, H Rokhmad (Ist)
Wakil Ketua Fraksi PKS Kota Malang yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, H Rokhmad (Ist)

MALANGTIMES - Adanya sinyal untuk kembali menaikkan intensif Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke depan sebagai bentuk perhatian Pemkot Malang, turut didukung dan diapresiasi Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, H Rokhmad SSos.

Pria yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang melihat peran guru PAUD memang begitu penting. Para guru swasta utamanya himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) merupakan guru bergelar PGA (Pegawai Gaji Akhirat). Hal itu lantaran, reward atau katakanlah salary para Guru PAUD, 10 persen di terima di dunia dan 90 persen di akhirat.

"Selaku dewan, saya sangat mengapresiasi, mendukung kenaikan honor guru PAUD di Kota Malang. Dari Rp 500 ribu naik menjadi Rp 600 ribu, dan seterusnya," jelasnya.

Kendati begitu, menurut Rokhmad, jika meningkatnya kesejahteraan guru itu belum sebanding tugas berat yang mereka emban. Bahkan sangat minim jika dibandingkan dengan pengabdian dan dedikasi mereka dalam mendidik serta membangun pondasi karakter bagi anak.

"Tentu semakin banyak semakin sejahtera itu pun belum cukup dan sangat minim sekali bila dibanding pengabdian dan dedikasi para guru PAUD. Jasa mereka begitu besar, tugasnya berat," ungkapnya.

Lanjut Wakil Ketua Fraksi PKS Kota Malang itu, jika anak usai dini, 0 sampai 6 tahun adalah merupakan masa emas atau golden age. Pada masa ini, merupakan masa perkembangan otak secara optimal didampingi gizi yang cukup, maka kecerdasan anak perlu distimulus dengan ilmu-ilmu maupun dari orang tua maupun para guru PAUD dengan metode pembelajaran yang tepat.

"Selaku dewan sangat mendukung akan kesejahteraan dan peningkatan SDM para guru dan orang tua lewat parenting utamanya di masa pandemi sekarang ini. Sehingga pembentukan karakter anak benar-benar bisa memiliki karakter yang baik secara akhlak maupun keilmuannya," terangnya.

Sementara itu, sebelumnya, dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana, jika Wali Kota Malang memberikan sinyal positif adanya peningkatan kesejahteraan guru PAUD.

Tahun sebelumnya (2020), intensif guru PAUD sebesar Rp 500 ribu. Kemudian pada tahun 2021, naik Rp 100 ribu, sehingga menjadi Rp 600 ribu. Belum cukup di situ, melihat jasa guru PAUD yang besar sinyal adanya kenaikan kembali juga telah diwacanakan.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa lagi (naik), karena Pak Wali kan sangat intens terhadap pendidikan," jelas Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM, Rabu (10/2/2021).

Topik
guru PAUDInsentif GuruFraksi PKS

Berita Lainnya

Berita

Terbaru