Ketua DPP PPP Habib Hasan Wafat, Ini Perjuangannya Memenangkan Gibran di Pilkada Solo

Mar 12, 2021 10:20
Habib Hasan (Foto: Sinar Harapan)
Habib Hasan (Foto: Sinar Harapan)

INDONESIATIMES - Kabar duka datang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Jumat (12/3/2021) Ketua DPP PPP Habib Hasan Mulachela dikabarkan meninggal dunia.  

Kabar duka ini dibenarkan oleh Waketum PPP Arsul Sani. "Kami dikabari keluarga almarhum 1 jam lalu," ujar Arsul.  

Arsul mengatakan jika penyebab Habib Hasan meninggal dikarenakan mengalami serangan jantung. Habib Hasan meninggal di RS Jantung Diafragma, Cinere, Jakarta Selatan.  

Sementara, jenazah Habib Hasan rencananya akan dimakamkan di Solo, Jawa Tengah. Saat ini pihak keluarga, kata Arsul tengah bermusyawarah untuk proses pemakaman Habib Hasan.  

Di sisi lain, Arsul mengenang sosok Habib Hasan. Ia berkata jika sosok Habib Hasan merupakan orang yang tak kenal lelah untuk memberikan bantuan.  "Beliau luar biasa aktivitasnya untuk kaum duafa, tak pernah lelah memberikan bantuan. Bahkan pergi ke daerah bencana di Sulbar," kenang Arsul.

Dari informasi yang didapat, jenazah Habib Hasan akan dibawa ke rumah duka di kawasan Pasar Kliwon, Solo siang ini.  Habib Hasan Mulachela selama ini dikenal sebagai sosok dermawan dan pegiat sosial. 

Ia juga tak berhenti berbagi sembako maupun uang tunai kepada warga yang kurang mampu. Aktivitas terakhir sebagai politisi senior PPP itu ikut menyambangi Pasar Turi Surabaya usai menerima keluhan sejumlah pedagang di pasar tersebut.

Cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), mendapat bingkisan berupa lukisan dirinya saat menghadiri deklarasi dukungan di Rumah Habib Hasan Mulachela, Senin (2/11/2020) malam. (Solopos/Kurniawan)
Foto: Solopos

 

Sebelum meninggal dunia, Habib Hasan dikenal dekat dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Bahkan, Habib Hasan termasuk sosok penting di balik kemenangan Gibran dalam Pilkada Solo. 

Kala itu Hasan menilai Gibran memiliki kecerdasan yang bisa diandalkan untuk mewujudkan kemajuan Kota Solo. Bahkan, ketimbang ayahandanya, Presiden Jokowi, saat sama-sama sebagai cawali Solo, menurut Hasan, kecerdasan Gibran lebih unggul.

“Sama-sama saat jadi cawali Solo, Mas Gibran  dengan Pak Jokowi saat pencalonan Wali Kota Solo, beliau (Mas Gibran) lebih cerdas dari Pak Jokowi,” ujarnya Hasan

Bahkan, Hasan juga menemani Gibran saat mendaftarkan diri sebagai cawali Solo di DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng). Hasan sampai menggandeng erat tangan suami dari Selvi Ananda tersebut saat berjalan menuju Panti Marhaen DPD PDIP Jateng.

Topik
Habib Hasan Mulachelahabib hasan meninggalPPPppp berdukaarsul sani

Berita Lainnya

Berita

Terbaru