Kota Malang Sudah Saatnya Punya Tempat Sampah Khusus Elektronik

Mar 11, 2021 20:50
Salah satu dropbox limbah B3 elektronik yang ada di kantor KLHK. (foto: Greeners.co)
Salah satu dropbox limbah B3 elektronik yang ada di kantor KLHK. (foto: Greeners.co)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menilai Kota Malang sudah saatnya memiliki tempat khusus sampah elektronik. Pasalnya, sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur (Jatim) bahkan di Indonesia, Kota Malang memiliki perkembangan yang sangat pesat dalam segi apa pun, termasuk pasar  elektronik.

Perkembangan elektronik tersebut juga berbanding lurus dengan peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari. Namun, belum ada tempat sampah khusus barang elektronik.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DLH Kota Malang Heri Sunarko mengatakan pihaknya belum memiliki tempat khusus sampah elektronik. Padahal,  petugas kebersihan sering menemukan sampah elektronik seperti televisi, radio hingga kulkas.

“Nah, sekarang kami belum punya  tempat sampah elektronik, seperti sampah televisi, radio, dan kulkas. Memang tempat sampah elektronik harus ada di kota besar seperti Kota Malang,” kata Heri, Kamis (11/3/2021).

Menurut Heri, perilaku masyarakat tentang pemilahan sampah masih cukup rendah. Hal itu dibuktikan dari tumpukan sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Di sana sampah harus dipilah kembali setelah diambil oleh petugas kebersihan.

Padahal, TPA Supit Urang sudah menjadi gunung sampah seiring  terus meningkatnya jumlah sampah di Kota Malang. “Ini yang menjadi tantangan kota besar seperti Kota Malang,” ucap Heri.

Disinggung mengenai tempat sampah khusus elektronik, Heri menjelaskan bahwa itu seharusnya ada di Kota Malang. Hal itu mengingat sampah elektronik adalah limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan bisa mencemari lingkungan.

“Padahal itu semua limbah B3. Dan itu tidak boleh sebenarnya dibuang di tempat sampah,” ujar dia. 
 

Topik
Sampah elektronikDLH Kota MalangPemkot MalangTPA Supit Urang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru