Harga Cabai Rawit di Atas Rp 100 Ribu, Diskopindag: Pertengahan Hingga Akhir Maret Turun

Mar 11, 2021 17:29
Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hingga kini, harga cabai rawit di pasaran Kota Malang, masih begitu tinggi. Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang memonitor, jika harga cabai rawit di Kota Malang perkilonya mencapai Rp 100 ribu sampai Rp 110 ribu.

Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo menjelaskan, jika mahalnya harga cabai rawit lantaran memang pada harga di tingkatan petani sudah cukup mahal. Harga pada di tingkatan petani mencapai Rp 95 ribu.

Mahalnya harga cabai murni disebabkan kondisi cuaca atau iklim curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan banyak lahan tanam di dataran rendah tergenang air dan berakibat pada kerusakan cabai hingga terserang penyakit, seperti daun keriting, buah rontok ataupun serangan lalat buah.

"Mahalnya memang mungkin, panen tak maksimal karena hujan banyak cabai yang rusak. Faktor kenaikan harga memang karena musim," jelasnya.

Karenanya, Diskopindag tetap berupaya semaksimal mungkin  untuk melakukan stabilisasi harga dengan perhitungan yang matang, termasuk juga terus berkoordinasi dengan para petani.

Namun lebih lanjut dijelaskannya, jika mahalnya harga cabai rawit diperkirakan akan perlahan mulai turun dan normal pada pertengahan bulan Maret ataupun akhir bulan Maret 2021.

"Ya pada bulan itu diprediksi akan normal lagi," jelasnya.

Sementara itu, Ummi Lasmi, salah satu penjual makanan di kawasan Jalan Jakarta, mengaku memang begitu terdampak dengan mahalnya harga cabai. Sejumlah makanan pedas akhirnya terpaksa ia kurangi takaran cabainya.

Padahal, di warung tempatnya berjualan, banyak para pelanggan yang mencari makanan pedas dan banyak juga yang merupakan penggemar sambal. Namun karena harga cabai rawit terlampau mahal, mau tak mau akhirnya ia mengurangi pemakaian cabai rawit.

"Harapannya ya segera turun lah, sekarang beli cabai juga nggak banyak-banyak. Nyoba beli Rp 7 ribu cuma dapat beberapa biji saja, nggak habis pikir juga bisa semahal ini," pungkasnya.

Topik
Harga CabaiHarga Cabai Naikharga cabai kota malangDiskopindag Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru