Juni Mendatang, Disdikbud Kota Malang Rencanakan Simulasi PTM

Mar 11, 2021 16:12
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Juni 2021 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang bakal melakukan simulasi pembelajaran tata muka (PTM). Hal ini selaras dengan kebijakan Kemendikbud yang mendorong semua sekolah untuk mengadakan PTM pada Juli 2021.

Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana menjelaskan, jika  mengenai simulasi tersebut, pihaknya telah membahas bersama teman-teman pengawas. Simulasi akan dilakukan di sekolah tingkat TK, SD, dan SMP yang saat ini telah siap.

"Namun sebelum itu, tentu kita akan sterilisasi ruang kelas. Selama ini kan tidak digunakan, makanya kita bersihkan dulu. Mungkin kita foging juga agar tidak ada nyamuk dan sebagainya," bebernya.

Upaya itu tentunya untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tak diinginkan. Jangan sampai setelah para peserta didik masuk melakukan PTM, justru terkena penyakit lainnya.

"Nggak kena Covid, malah kena demam berdarah. Anaknya kita antisipasi itu," jelasnya.

Tak hanya sebatas itu, tentunya  dalam simulasi menyambut PTM, tentu akan ada mekanisme dan aturan-aturan yang ditetapkan guna mengedepankan protokol kesehatan.

Tentunya dalam setiap kelas tak akan keseluruhan siswa masuk. Bisa jadi dalam penerapannya 50 persen atau 30 persen siswa masuk secara bergilir. Sebelum itu, tentunya para wali murid juga akan diminta pertimbangan. Meskipun nantinya dalam masukan ada yang tidak mengizinkan untuk PTM, pihak Disdikbud tak akan memaksa. Masukkan tersebut nantinya juga akan kembali menjadi pertimbangan dengan tim ahli maupun Kemendikbud.

"Tapi meskipun pusat menargetkan Juli tatap muka, tentu kita tetap memperhatikan dengan kondisi daerah. Daerah dengan pusat tentu kondisinya tak sama. Makanya kita buat simulasi dulu, kalau tidak begitu kita tidak berani. Semua demi kesehatan anak didik kita," pungkasnya.

 

Topik
Disdikbud Kota Malangptm kota malangprokes di sekolahberita pendidikan kota malangsimulasi ptm

Berita Lainnya

Berita

Terbaru