Malangtimes

Rekrutmen CPNS dan PPPK, Pemkab Malang Butuh Tambahan 4 Ribu Guru, Pengajuan Dibatasi 2 Ribu

Mar 10, 2021 19:06
Ilustrasi guru. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi guru. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kebutuhan tenaga guru di Kabupaten Malang cukup banyak, mencapai 4 ribu orang. Sayang, kebutuhan 4 ribu guru tersebut belum bisa diisi secara penu pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bakal segera dibuka pada tahun 2021 ini.

Hal itu dikarenakan informasi yang didapat formasi dibatasi sekitar 2 ribu orang. "Kalau guru kebutuhan kita di atas 4 ribu. Tapikan kemarin formasi yang kita usulkan informasinya hanya dibatasi sampai 2 ribu saja,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah, saat dikonfirmasi MalangTIMES pada Rabu (10/3/2021). 

Nurman juga menyebutkan formasi yang dibatasi hanya 2 ribu tersebut juga masih belum bisa dipastikan. Sebab, sampai dengan saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Yakni salah satunya dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

”Tapi sampai saat ini kami masih belum tahu angka pastinya, masih dikumpulkan se-Indonesia, informasinya dari Kemenpan juga masih belum ada. Kita masih mengajukan ke pemerintah pusat, sampai sekarang dari Kemenpan juga masih belum turun (kepastian formasi, Red),” imbuhnya.

Meski belum ada kepastian, namun Nurman memprediksi jika rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun ini diperkirakan akan dilangsungkan pada pertengahan tahun 2021. ”Semua masih belum ada kepastian, tapi Insya Allah prediksi saya bulan Juni atau pada pertengahan tahun ini sudah harus Running itu (tahapan rekrutmen CPNS dan PPPK, Red),” terangnya.

Sementara itu, masih menurut Nurman, selain guru, formasi terbanyak yang dibutuhkan oleh Pemkab Malang adalah tenaga kesehatan (nakes). ”Kebutuhan kita masih tetap, karena kita saat ini kekurangan guru dan nakes, masih mendominasi di situ,” timpalnya.

Khusus pada formasi guru, informasi sejauh ini mayoritas akan diproyeksikan bagi PPPK. ”Informasinya, khusus PPPK nanti mayoritas dari guru, karena memang itu kebutuhan kita,” pungkasnya.

Sekedar informasi, merujuk pada data yang dihimpun BKPSDM Kabupaten Malang, dalam setahun rata-rata ada 800 hingga 900 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Malang yang telah pensiun.

Dari ratusan PNS yang telah pensiun tersebut, biasanya selalu didominasi dari kalangan guru yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru