Aprilia Manganang Akan Ganti Nama Lewat Pengadilan, Jadi Siapa?

Mar 10, 2021 12:04
Aprilia Manganang (Foto: Tempo.co)
Aprilia Manganang (Foto: Tempo.co)

INDONESIATIMES - Atlet voli Aprilia Manganan dipastikan akan mengganti identitasnya usai dipastikan sebagai laki-laki. Seperti diketahui, selama ini Aprilia dikenal sebagai atlet dan juga Serda sebagai seorang perempuan.  

Hingga akhirnya, dilakukan pemeriksaan kepada Aprilia sejak Februari lalu dan ia dinyatakan sebagai laki-laki. Disampaikan oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa selama ini Aprilia mengalami kondisi hispopadia.  

Oleh sebab itu, Aprilia harus mengubah seluruh identitasnya yang selama ini menggunakan jenis kelamin perempuan, termasuk pergantian nama. 

TNI AD diketahui membantu Aprilia terkait administrasi kependudukan.  

Proses itu perlu diajukan ke pengadilan, termasuk soal perubahan nama. Jenderal Andika Perkasa telah menugasi Direktur Hukum TNI AD, Brigjen Tetty Melina Lubis, untuk mengurus seluruh persyaratannya. Proses ini akan diajukan ke PN Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

"Direktur Hukum AD Brigjen Tetty sudah siapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang untuk mendapatkan apa yang diinginkan, yaitu kita penuhi syarat-syarat yang ada pada UU 23/2006 tentang administrasi kependudukan dan kita akan ikuti prosedur," ujar Andika.  

Lebih lanjut Andika berharap agar PN Tondano memberikan dan menetapkan perubahan nama dari nama sebelumnya kepada nama yang akan dipilih Sersan Manganang dan orang tuanya dan juga perubahan status jenis kelamin sesuai Pasal 56 dari UU 23 itu. 

Sayang, belum diketahui siapa nama baru terhadap Aprilia Manganang nanti.

Topik
Aprilia Manganangjenis kelamin apriliaksad jenderal andika perkasa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru