Viral Wajah Firaun Terasa Hidup Kembali dengan Aplikasi MyHeritage

Mar 10, 2021 10:31
Wajah Firaun (Foto: Instagram @rezalalfarez)
Wajah Firaun (Foto: Instagram @rezalalfarez)

INDONESIATIMES - Publik saat ini dihebohkan dengan munculnya aplikasi bernama MyHeritage. Aplikasi tersebut bisa mengubah foto seolah hidup.  

Aplikasi ini justru sangat bermanfaat bagi orang-orang yang kehilangan sosok paling disayangi. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, foto mereka bisa seakan hidup hingga menunjukkan senyuman manis.  

Hal itu sebagai obat kerinduan beberapa orang kepada sosok paling disayang yang sudah meninggal. 

Yang menarik, aplikasi itu rupanya juga dilakukan oleh seorang warganet yang menghidupkan kembali sosok Firaun.   Video singkat itu diunggah oleh akun Instagram @rezalalfarez Rabu (10/3/2021).

 Dalam video tersebut terdapat dua sisi.   Sisi di sebelah kiri tampak jasad bagian wajah  Firaun. Sementara pada sisi kanan terlihat wajah Firaun yang seolah masih masih hidup.  

Dalam video itu, tampak Firaun yang terlihat renta menengok ke arah kiri, kanan, dan atas. Seoalah ia tengah mengamati sesuatu.  

"Ngidupin Firaun, terima kasih aplikasi ini, akhirnya bisa liat Firaun hidup kayak apa," tulis keterangan dalam video itu.

Tak ayal, unggahan itu seketika viral dan menjadi sorotan waraganet. Melihat video itu, banyak warganet yang lantas penasaran dengan aplikasi yang digunakan. 

@smantab12: "Pakai aplikasi apa itu bro".

@nina_hermina94: "Nama apluy nya ap?"

Namun, ada pula yang ketakutan saat melihat wajah Firaun.  

@aurima_tianshan: "Horor".

@real_novel1: "Serem ah".

@raiskautsar: "Udh susah2 matiin Fir'aun ehh lu idupin".

Tentang Aplikasi MyHentage

Dilansir dari Newsweek, aplikasi ini menggunakan teknologi yang disebut Deep Nostalgia yang dirilis pada 25 Februari. Deep Nostalgia dibuat menggunakan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk membuat foto bisa tampak bergerak, tersenyum dan berkedip. 

Kebanyakan pengguna MyHeritage menggunakan aplikasi ini untuk menganimasikan almarhum kerabat mereka. Kendati demikian, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit foto apa pun asal memiliki bentuk wajah termasuk lukisan dan patung. 

MyHeritage dalam pernyataannya pada 4 Maret mengklaim aplikasinya telah digunakan mengedit 10 juta wajah oleh para penggunanya. Di sisi lain, MyHeritage mengakui bahwa teknologinya mungkin kontroversial di tengah maraknya video deepfake. 

Deepfake adalah AI digunakan untuk membuat animasi hiper realistis dari orang sungguhan yang seringkali sulit dibedakan dari rekaman asli.

Cara Menggunakan MyHeritage

Instal dulu aplikasi MyHeritage dan buat akun apabila belum memiliki akun. Setelah memiliki akun, pengguna cukup klik 'Photos'. 

Lalu klik ikon '+' untuk menambahkan gambar. Klik 'Add photos' untuk memilih gambar yang sudah ada di dalam handpone atau klik'Scan photos &docs' untuk mengambil gambar foto secara langsung. 

Selanjutnya klik ikon berikut: 

Ikon MyHeritage untuk memberi efek animasi
Foto: MyHeritage

Jika sudah selesai, maka foto akan terlihat bergerak seolah hidup. Selanjutnya pengguna bisa menyimpan foto dalam perangkat atau dibagikan kepada orang lain.
 

Topik
Wajah FiraunMyHeritageAplikasi Edit Foto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru