Agar Terhindar Varian Baru Covid-19 B117, Langkah ini Wajib Dilakukan

Mar 09, 2021 15:08
Ilustrasi (Foto : Internet)
Ilustrasi (Foto : Internet)

INDONESIATIMES – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin membeberkan penemuan empat kasus baru mutasi virus corona B117 di Indonesia. 

Keempat kasus tersebut ditemukan di beberapa tempat yang berbeda di Indonesia, dengan kurun waktu dari Januari hingga Februari 2021. Keempatnya yakni didaerah Palembang, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan terakhir Balikpapan, Kalimantan Timur pada 12 Februari .

“Hasil kerja lab Kemenkes dan Kemenristek /BRIN sudah ditemukan 4 lagi terkonfirmasi (kasus B117), satu di Palembang, Sumatera Selatan pada 11 Januari, satu juga di Kalimantan Selatan 6 Januari, 1 juga Balik Papan, Kalimantan Timur dari 12 Februari, ke-empat di Medan, Sumatera Utara 28 Januari,” ucap Budi melalui konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Dilansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa banyak negara yang takut akan varian baru corona B117. Salah satunya karena kemampuan menyebarnya 50 hinggs 70 persen lebih cepat dari virus sebelumnya. Namun, untungnya B117 ini tidak terbukti menyebabkan keparahan atau lebih berbahaya dibanding virus sebelumnya.

Epidemiolog dari Griffith University, dr. Dicky Budiman, mengatakan bahwa masyarakat harus berjuang mencegah terjadinya mutasi Covid-19 di Tanah Air.

“Masyarakat harus mencegah terjadinya mutasi, dikarenakan kalau tidak diminimalisir, maka dari sekian puluh ribu mutasi itu akan ada yang masuk ke Indonesia dan memperburuk situasi pandemi,” ujarnya.

Dijelaskan juga bahwa cara yang dilakukan untuk mencegah mutasi Covid-19 ditanah air ialah salah satunya dengan memperketat 5M dan 3T di masyarakat.

“Mencegah orang terinfeksi, menemukan orang yang sudah terinfeksi untuk segera di tes dan dicari tahu untuk di tracing. Ujungnya harus di isolasi dan karantina untuk memutus potensi penularan lebih lanjut,” tutupnya. 

Topik
virus corona b117KemenkesCovid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru