Aksi Pawang Cilik, Taklukkan Ular Piton Sepanjang 3 Meter

Mar 08, 2021 17:41
Ular jenis Phyton yang berhasil ditangkap warga / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Ular jenis Phyton yang berhasil ditangkap warga / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Seekor ular ukuran sedang, yani sepanjang 3 meter dengan berat 18 Kilogram ditangkap warga Dusun Sumberejo, Desa Pelem, Sumberejo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Senin (08/03/2021) pagi. Ular jenis piton itu tertangkap di rumah Suwarji, warga di RT 17 RW 01 sesaat setelah memangsa unggas atau bebek.

"Awalnya memangsa bebek di rumah warga, kemudian pemilik rumah memanggil warga lain," kata Jojo, tetangga Suwarji sesaat setelah posting penangkapan ular itu.

Tetangga yang dipanggil untuk membantu menangkap ular piton itu diantaranya Didik, Pendik dan Sawal serta dibantu pawang cilik perempuan yang disebut bernama Lausa Pesek.

"Ular itu setelah makan bebek sembunyi di pekarangan, kemudian ditangkap bersama-sama," ungkap Jojo.

Setelah ditangkap, foto ular yang tidak ada luka dalam tubuhnya itu kemudian diunggah di media sosial untuk dipelihara bagi yang bersedia.

"Sudah ada yang memelihara, dari tetangga desa sini," jelasnya.

Penangkapan ular piton dan jenis lain di Tulungagung sering terjadi. Beberapa ular bukan hanya ditangkap, namun sering dihabisi karena dianggap membahayakan warga.

Beberapa orang yang peduli dengan kelestarian hewan berbisa ini memilih menangkap baik-baik dan dipelihara agar tidak punah di masa yang akan datang. 

Topik
Kabupaten TulungagungUlar Pitonpawang cilikpenangkapan ular pitonBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru