Ingin Pelihara Kucing Himalaya? Ketahui Fakta Unik dan Tips Merawatnya

Mar 08, 2021 13:44
Kucing Himalaya (Foto: VELINA.INFO)
Kucing Himalaya (Foto: VELINA.INFO)

INDONESIATIMES - Sama seperti manusia, hewan kucing ternyata juga memiliki bermacam-macam ras. Ras Persia dan Anggora umumnya menjadi pilihan peliharaan bagi kebanyakan orang pecinta kucing.  

Namun, tak terkecuali ras kucing Himalaya juga banyak digemari oleh beberapa orang. Kucing Himalaya merupakan generasi dari persilangan ras Persia dengan Siam.  

Maka tak heran jika penampilan kucing ini mirip dengan indukannya itu. Lantas bagaimana perawatan kucing Himalaya ini agar tetap bersih dan sehat? 

Tak perlu bingung, berikut tips-tips untuk merawat kucing ras Himalaya:

  • Mandikan atau Grooming minimal satu bulan sekali untuk menyapu segala bentuk kotoran dan kuman yang menempel. Pakailah shampoo khusus kucing agar menjaga kesehatan bulu dan tidak mudah rontok.
  • Potongi bagian kuku seperlunya atau jika sudah panjang.
  • Berikan nutrisi makanan yang seimbang baik itu makanan kering ataupun basah.
  • Beri air bersih untuk minum setiap harinya.
  • Sediakan pasir khusus kucing di dalam kandangnya. Kemudian ganti minimal tiga hari sekali agar kuman dan bau tidak menempel pada kucing.
  • Berikan kandang yang nyaman dan tempat di ruang atau lokasi yang nyaman. Tidak lembab namun mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Tapi jika harus di indoor, kamu bisa mengajak si kucing himalaya untuk menikmati cahaya mentari pagi.
  • Bersihkan kandang secara berkala agar tampak bersih bebas bau dan mengurangi risiko penyakit akibat kandang yang kumuh.
  • Rapikan atau sisir bulu-bulu kucing himalaya setiap hari pakai sisir khusus.
Kucing Persia Himalaya Putih - Doni Gambar
Foto: kucing.id

Kucing ras Himalaya ini rupanya juga memiliki fakta unik yang jarang diketahui. Apa saja? Berikut ulasannya dirangkum melalui embaran.id:  

  1. Tahukah kamu kalau ras Persia dan Siam itu sama-sama ras natural? Sementara itu, Persia sengaja disilangkan dengan Siam agar mendapatkan keturunan dengan warna mata juga bulu seperti Siam dan ukuran bulu yang lebat panjang seperti ras Persia.
  2. Sifatnya dominan mirip dengan Persia yakni tenang, santai dan suka sekali diusap-usap. Biasanya si kucing akan lebih nyaman jika berada di tempat yang tenang ataupun di dekat orang-orang yang sering dilihatnya. Himalaya termasuk kucing yang tidak suka melompat ke sana dan kemari. Sebab ia memiliki badan gemuk dan kaki pendek yang menyulitkannya untuk melompat.
  3. Memiliki bentuk mata bulat dan berwarna biru. Terlihat indah sama seperti induknya yakni kucing Siam. Beberapa Kucing Himalaya memiliki warna bulu seperti yang dimiliki oleh Siam.
  4. Kucing Himalaya terbagi menjadi 2 jenis yakni Himalaya wajah boneka dan Himalaya wajah datar. Perbedaannya sangat jelas dimana Himalaya wajah datar jika diperhatikan dari samping bagian hidung tampak sangat-sangat pesek atau terlihat datar. Sementara Himalaya wajah boneka bagian hidungnya tidak begitu pesek. Jadi intinya dibedakan dari bentuk hidung yang dilihat dari sisi samping.
  5. Himalaya termasuk jenis kucing yang punya kesehatan bagus. Hanya saja ia memiliki penyakit turunan yang berasal dari Persia yakni PDK atau penyakit kista pada ginjal atau ginjal polikistik dengan kemungkinan terjadi 36-49%.

 

Topik
kucing himalayatips merawat kucing himalayafakta unik kucing himalaya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru