Jalur Kereta Api Stasiun Pohgajih - Kesamben yang Tertimbun Longsor sudah Kembali Lancar

Mar 08, 2021 10:59
Jalur KA pada Km 87+500 petak jalan Stasiun Pohgajih - Kesamben yang sempat tertimbun longsor (foto: Humas Daop 8 for MalangTIMES)
Jalur KA pada Km 87+500 petak jalan Stasiun Pohgajih - Kesamben yang sempat tertimbun longsor (foto: Humas Daop 8 for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Jalur kereta api (KA) pada Km 87+500 petak jalan Stasiun Pohgajih - Kesamben yang sempat tertimbun longsor kini sudah bisa dilalui kembali, Senin (8/3/2021).

Untuk diketahui, pada hari Minggu (7/3/2021) sejak siang hari, hujan melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur. Akibat guyuran hujan  ini, ada tanah longsor yang menimpa jalur KA Stasiun Pohgajih - Kesamben pada sore hari. Jalur yang tertutup tanah longsor ini pun membuat mengganggu jadwal keberangkatan sejumlah KA. 

Beberapa KA itu adalah mulai dari Stasiun Kepanjen yaitu KA 119 (Malabar) relasi Malang-Bandung, KA 376 (Penataran) relasi Blitar-Surabaya Gubeng tertahan di Stasiun Kesamben dan KA 363 ( Penataran) relasi Surabaya - Blitar tertahan di Stasiun Malang Kotalama.

Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan, petugas KAI di lapangan telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk secara cepat melakukan normalisasi jalur.

Akan tetapi karena kondisi cuaca hujan pada malam hari, membuat adanya longsor susulan yang menutup jalur KA dan menyebabkan proses normalisasi menjadi lama.

Akhirnya, tepat pada pukul 22.36 WIB jalur KA yang terkena longsoran tersebut sudah dapat dilewati kembali. KA pertama yang melintas adalah KA Malabar dengan kecepatan 5 KM.

“PT KAI Daop 8 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat bencana longsor tersebut," ujar Luqman.

Tak hanya itu, petugas dari PT KAMI juga akan terus melakukan normalisasi dengan mengerahkan eskavator dan tenaga manual di lokasi longsor sehingga jalur tersebut aman dan dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal.

Topik
jalur kastasiun pohgajih kesambenLuqman Arif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru