Membanggakan, Dosen Unikama Ini Dapat Dana Hibah Dikti hingga Publis Jurnal Internasional

Mar 07, 2021 16:47
Sosok Dr Maris Kurniawati SSi MKes MSi. Dosen Program Studi (Prodi)  Pendidikan Fisika yang juga sekretaris LPPM (Ist)
Sosok Dr Maris Kurniawati SSi MKes MSi. Dosen Program Studi (Prodi)  Pendidikan Fisika yang juga sekretaris LPPM (Ist)

MALANGTIMES - Torehan prestasi terus dicatatkan para sumberdaya manusia (SDM) di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Salah satunya dari sosok Dr Maris Kurniawati SSi MKes MSi. Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika itu lolos mendapatkan dana hibah Dikti dari penelitian dan pengabdian yang dilakukannya.

Adapun judul penelitiannya adalah Molekuler In Silico, Analisis Fungsional, dan Evaluasi Beta-Glukanase dari Pustaka Ekspresi Metagenomik sebagai Kandidat Antibiofilm Candida. Sedangkan untuk tema Program Pengabdian Masyarakat (PPM) yakni, Pembinaan Ekonomi Mandiri bagi Peternak Plasma Broiler Desa Slorok Kabupaten Blitar melalui Penerapan Bioreaktor Aenorob Penghasil Biogas Sebagai Sumber Energi Alternatif.

Penelitian ini, pada 2019 diajukan ke Dikti dan kemudian berhasil lolos seleksi hingga akhirnya dilaksanakan mulai tahun 2020-2021. Penelitian ini, dijelaskannya tentang kandidat antibiofilm candida pada kondisi candidiasis. Memanfaatkan enzim beta glukanase sebagai kandidat obat penyakit candidiasis. Seperti diketahui, jika penyakit candidiasis merupakan penyakit jamur yang bersarang pada mulut, kulit maupun organ lainnya.

"Dikti setiap tahun kan selalu ada program penelitian dan pengabdian. Alhamdulillah tahun ini saya lolos di keduanya," jelasnya.

Untuk PPM, dijelaskan Maris, adalah mengenai pembinaan ekonomi mandiri bagi peternak plasma broiler Desa Slorok Kabupaten Blitar melalui Penerapan Bioreaktor Aenorob Penghasil Biogas Sebagai Sumber Energi Alternatif.

Dijelaskannya, jika dalam PPM ini, penerapan biorekator anaerob untuk mengolah limbah kotoran ayam. Di mana, air limbah dialirkan dalam satu reaktor dan di dalamnya diisi dengan media yang mempunyai luas permukaan cukup besar untuk berkembangbiaknya mikroba yang menguraikan polutan dalam limbah air. Dari situ kemudian akan menghasilkan sebuah biogas yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

Bukan hanya itu saja, dijelaskannya lebih lanjut, jika ia  telah mempunyai paten dari penelitian dan juga berhasil publis jurnal terindeks scopus Q2. Jurnal tersebut berjudul A Novel 1, 3-B Glucanase Gene from the Metagenomic Expression Libarary of Achatina fulica’s Digestive Gland yang membahas tentang penemuan Gen dari Achatina fulica.

Sementara untuk paten yang diraih, berjudul Jus Kulit Buah Manggis Sebagai Inhibitor (zat yang menghambat atau menurunkan laju reaksi kimia) kerja Enzim a-Glukosidase. Buah manggis dimanfaatkan untuk menghambat kerja enzim a-glukosidase pada kondisi penderita diabetes.

Di sisi lain, ia juga menjadi tim peneliti kerjasama dengan Pemkot Batu tentang kajian pengembangan budaya khas Kota Batu bersama dosen lainnya. Ia yang juga Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unikama ini berharap, apa yang ia lakukan turut bisa memacu dan berimbas positif untuk SDM Unikama yang lainnya.

"Harapan saya besar sekali, teman-teman bisa termotivasi lebih, meningkatkan kapasitas penelitian secara nasional bahkan hingga Internasional. Tidak hanya berhenti di penelitian, tapi juga harus diaplikasikan ke masyarakat. Termasuk juga bisa diaplikasikan pada dunia industri sesuai dengan tema penelitian," pungkasnya.
 

 

Topik
dosen unikamaUniversitas Kanjuruhan Malang (Unikama)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru