19 Pegawai DPMPTSP Kota Blitar Alami Gejala Covid-19 Usai Vaksinasi

Mar 07, 2021 16:15
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

BLITARTIMES - Sebanyak 19 pegawai Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Blitar, dilaporkan mengalami gejala mengarah ke Covid-19

Gejala tersebut dialami 19 pegawai usai menerima vaksinasi. Adapun beberapa gejala yang dialami, diantaranya demam, lemas hingga hilang penciuman dan perasa. 

Saat dikonfirmasi awak media, Kepala DPMPTSP Kota Blitar Suharyono menyampaikan, pegawai di instansinya menerima vaksinasi pada Jumat 26 Februari 2021. Gejala yang mengarah pada Covid-19 baru dirasakan sejumlah pegawai pada Senin 1 Maret 2021. Gejala yang mengarah ke Covid-19 dirasakan satu persatu pegawai hingga Kamis 4 Maret 2021. 

Menurut Suharyono, para pegawai yang merasakan gejala mengarah ke Covid-19 memeriksakan diri ke dokter. Namun meski diobati gejala yang dirasakan tak kunjung usai. Bahkan ada satu pegawai yang melakukan swab antigen mandiri dan hasilnya positif. Sehingga pihaknya meminta agar semua pegawai bergejala melakukan swab PCR pada Jumat 5 Maret 2021.

“Seluruh pegawai di kantor kami menerima vaksinasi. Ada satu orang yang tidak ikut vaksin karena dia pernah positif. Setelah muncul gejala pasca vaksinasi, bagi yang bergejala kami minta untuk swab PCR,” kata Suharyono, Minggu (7/3/2021).

Dikatakannya, kantor DPMPTSP untuk sementara ditutup hingga hasil swab PCR keluar. Penutupan dilakukan sejak Jumat (5/3/2021) dan baru akan beroperasi kembali Senin (8/3/2021).

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kantor DPMPTSP kita tutup sementara,” tukasnya. 

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Blitar menyebut bahwa gejala yang dialami 19 pegawai DPMPTSP ini bukan merupakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

"Kami luruskan bahwa itu bukan sebagai kasus KIPI," terang Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar Didik Jumianto.

Didik menjelaskan, dari 19 orang semuanya telah melakukan swab PCR maupun swab antigen. Hasilnya 13 orang dinyatakan positif Covid-19. 

"Daftar yang diajukan swab PCR ada 19 orang, tapi yang dilakukan swab PCR hanya  18 orang. Karena yang satu tidak hadir tapi hasil swab antigen juga positif. Kami pastikan ini murni Covid-19, sekali lagi kami sampaikan ini bukan KIPI,” tegasnya. 

Didik melanjutkan, Covid-19 bisa terjadi pada seseorang yang telah menerima vaksinasi Covid-19. Ini bisa terjadi karena sebelum menerima vaksin di tubuh seseorang sebenarnya sudah ada virus Covid-19 tanpa gejala. 

“Reaksi baru terjadi setelah seseorang menerima vaksinasi. Gejala bisa timbul saat pembentukan antibodi,” pungkasnya. 

 

Topik
dpmptsp kota blitargejala Covid 19pegawai dpmptsp positif covid 19Vaksinasi Covid 19vaksinasi kota blitar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru