Generasi Hebat, Mahasiswa Unikama ini Menginisiasi Gerakan Peduli Lingkungan

Mar 07, 2021 13:57
Farikhatul Azizah, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) (Ist)
Farikhatul Azizah, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) (Ist)

MALANGTIMES - Tak hanya secara intelektual saja Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membangun karakter mahasiswanya. Namun karakter dan sikap kepedulian terhadap alam atau lingkungan juga dibentuk sejak para mahasiswa menempuh pendidikan di kampus multikultural itu.

Sikap cinta terhadap lingkungan itu tertanam dan nampak jelas pada mahasiswa Unikama bernama Farikhatul Azizah, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).

Kepeduliannya terhadap lingkungan, kemudian membuat ia melakukan langkah nyata dengan membuat sebuah komunitas pecinta lingkungan, yakni Green Milenial Ngalam Creative (GMNC). Sebulan berdiri, organisasi yang fokus pada kelestarian lingkungan ini langsung diminati banyak mahasiswa yang bergabung.

Menurutnya, permasalahan sampah menjadi sebuah hal yang serius. Meski terlihat sepele, jika tak ditangani serius, sampah bisa menjadi sebuah bencana berbahaya bagi kehidupan manusia.

Langkah kongkrit yang dilakukannya untuk lingkungan, adalah terkait pengelolaan limbah maupun sampah. Para anggota GMNC ditekankan menjadi kader lingkungan didaerah dalam memanajemen sampah.

"Kita sebagai pemuda ingin ada perubahan yang baik dalam pengolahan sampah, yang kreatif dan inovatif. Kami mulai dengan edukasi terhadap masyarakat, agar bisa melakukan pemilihan sampah di rumah sebelum dibuang. Yang organik dan yang bukan dipisahkan. Nantinya akan arahnya memang pembuatan kompos yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman atau sayur organik," jelasnya.

GMNC telah banyak melakukan kegiatan dibeberapa wilayah di Kabupaten Malang. Seperti daerah Kepanjen, Jabung, Dampit, Pagak, Turen dan lainnya. Selain itu, dalam upaya menjaga lingkungan itu, mereka juga bekerjasama dengan dinas terkait.

Tak hanya itu, GMNC juga melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, seperti halnya di Tanaka Waterfall yang kini menjadi sebuah wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disana, GMNC membantu dalam pemanfaatan sumberdaya air yang melimpah menjadi sebuah wisata yang menarik.

"Goalsnya kami berharap bisa ilmu yang jamak dapatkan dari Unikama bisa mewujudkan seperti jargon Kementerian Lingkungan Hidup, menuju Indonesia bebas sampah. Harapan kita Kabupaten Malang bisa bebas sampah dan menuju wisata yang ramah,"pungkasnya.

Topik
Unikamakelestaria lingkunganmahasiswa unikamaPeduli Lingkungan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru