15 Maret, WHO Bakal Rilis Awal Mula Kemunculan Covid-19

Mar 07, 2021 09:38
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

INDONESIATIMES - Sudah berjalan lebih dari 1 tahun sejak kemunculan pertama di Wuhan, Cina namun, penyebab munculnya virus corna atau Covid-19 hingga kini masih belum ada kejelasan.

Banyak spekulasi publik menyebut jika virus itu adalah buatan manusia, bahkan ketika ditarik mundur, salah satu serial Drama Korea My Secret 

Terius atau Terius Behind Me di tahun 2018 silam telah menceritakan penyebaran virus corona.

Lantas akankah saat ini asal-usul Covid-19 bakal segera diketahui?

Ya, organisasai kesehatan dunia atau WHO dalam waktu dekat ini kabarnya akan segera merilis terkait hal itu. Tim ahli WHO, dikabarkan telah menyelesaikan investigasi di Wuhan China untuk mengungkapkan asal usul Covid-19.

"Saat ini dijadwalkan pada 14-15 Maret (pengumuman hasil investigasi)," kata

Kepala Misi Investigasi Peter Ben Embarek dikutip dari berbagai sumber.

Ben yang juga pakar penularan penyakit dari hewan ke manusia menjelaskan, di akhir misi bulan lalu, diketahui virus corona muncul kemungkinan berasal dari kelelawar. Hanya saja, belum ada penjelasan bagaimana itu bisa meloncat ke manusia.

Adapun, kaitan tentang adanya virus yang bocor dari laboratorium hingga akhirnya masuk ke tubuh manusia dan menyebar ke hampir seluruh negara di dunia juga dibantahnya.

Sementara itu, Pakar Kedaruratan WHO Mike Ryan mengungkapkan, semula tim WHO berencana menjadwalkan untuk mengumumkan hasil awal investigasi, namun, dibatalkan.

Hingga, akan dirilis dalam waktu dekat ini setelah berdasarkan keputusan bersama tim. Rilis hasil investigasi tersebut dilakukan setelah tim menyelesaikan seluruh identifikasinya.

"Apa yang dilakukan tim adalah bekerja sangat keras untuk menyelesaikan laporan utuh sehingga kita bisa menyampaikan diskusi yang layak seputar laporan tersebut," ungkapnya.

Topik
WHOVirus CoronaCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru