Zona Kuning Mendominasi, Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Terus Naik

Mar 06, 2021 19:30
Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang periode 6 Maret 2021. (Foto: istimewa)
Peta sebaran kasus covid-19 di Kabupaten Malang periode 6 Maret 2021. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Menjelang berakhirnya masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, zona Covid-19 di tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Malang sampai dengan saat ini masih didominasi zona kuning.

”Di Kabupaten Malang tidak ada zona merah dan oranye, hanya zona hijau dan kuning. Sedangkan yang paling banyak adalah zona kuning,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Suwadji.

Sekedar informasi, berdasarkan data yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, ada 8 kecamatan yang masuk zona hijau. Sedangkan 25 kecamatan lainnya, masuk dalam zona kuning Covid-19.

Didominasinya zona kuning ditingkat kecamatan ini, disinyalir membuat angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Malang masih terus mengalami peningkatan.

Merujuk pada data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, pada hari ini (Sabtu, 6/3/2021) jumlah pasien positif Covid-19 mengalami penambahan sebanyak 14 orang.

”Sampai dengan hari ini, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Malang mencapai 2.436,” ucap Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Anizwaty Aziz.

Sementara itu, untuk jumlah pasien yang meninggal akibat terpapar Covid-19 juga mengalami penambahan. Pada hari ini, Dinkes Kabupaten Malang mencatat ada penambahan 1 orang  yang dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar korona.

”Dengan penambahan tersebut, membuat jumlah pasien Covid-19 yang meninggal meningkat menjadi 146 orang,” paparnya.

Di sisi lain, meski tidak mendominasi update kasus Covid-19, namun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh paska terpapar virus yang diduga berasal dari Wuhan, Cina ini juga mengalami penambahan.

”Hari ini jumlah pasien sembuh di Kabupaten Malang bertambah sebanyak 13 orang. Total sampai dengan saat ini sudah ada 2.249 orang yang sembuh dari Covid-19,” imbuhnya.

Sampai dengan hari ini masih ada 41 orang yang masih menjalani tahapan penyembuhan akibat terpapar Covid-19. ”Dari jumlah tersebut, 19 pasien lainnya dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19. Sedangkan 22 orang lainnya menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.

Sekedar informasi, merujuk pada Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur, Kabupaten Malang memiliki 9 Rumah Sakit Rujukan Covid-19. Yakni, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Lawang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan, RS Marsudi Waluyo, RSUD Lawang, Wava Husada, Prasetya Husada, Prima Husada, Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Muhammadiyah Malang, dan RSU Islam di Gondanglegi.

 

Topik
zona kuningKasus Positif Covid 19covid 19 kabupaten malangberita ppkm mikroPPKM mikro Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru