Alfamart Sukun Kota Malang Dibobol Maling, Uang dan Barang Berharga Lainnya Raib

Mar 06, 2021 16:53
Suasana Alfamart di wilayah Kecamatan Sukun, Kota Malang usai dibobol maling, Sabtu (6/3/2021). (Foto: Istimewa)
Suasana Alfamart di wilayah Kecamatan Sukun, Kota Malang usai dibobol maling, Sabtu (6/3/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Salah satu toko ritel moderen yakni Alfamart yang terletak di Jalan Sudanco Supriadi, Kecamatan Sukun, Kota Malang dibobol oleh maling. Akibat pembobolan tersebut, beberapa barang berharga seperti uang, handphone dan rokok raib dicuri. 

Kanit Reskrim Polsek Sukun Iptu Didik Sripurwanto menjelaskan bahwa peristiwa pembobolan Alfamart S. Supriadi berdasarkan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan pemeriksaan barang bukti terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (6/3/2021). 

Lanjut Didik bahwa berdasarkan olah TKP, pelaku pembobolan hanya fokus pada bagian meja kasir yang menyebabkan barang-barang berharga milik perusahaan raib dicuri, seperti uang sejumlah Rp 300 ribu, handphone Samsung A10S dan enam bungkus rokok. 

"Sementara yang lain tidak ada yang rusak. Semua masih tertata rapi, cuma laci kasir yang terbuka dan handphone milik kantor yang diletakkan dekat kasir sudah hilang. Lalu enam bungkus rokok juga dicuri," terangnya. 

Anggota kepolisian dengan dua balok di pundaknya ini menjelaskan bahwa dugaan sementara berdasarkan hasil olah TKP dan pengumpulan barang bukti, pelaku pembobolan Alfamart diduga masuk melalui atap toko. 

"Jadi ketika kami ke TKP, tadi atap itu sudah rusak. Ada genteng tujuh rusak dan plafon juga rusak. Jadi kami duga (pelaku pembobolan, red) lewat atap sana," jelasnya kepada awak media. 

Lanjut Didik bahwa pihaknya bersama jajaran Polsek Sukun saat ini sedang melakukan proses penyelidikan lebih lanjut terkait kasus pembobolan Alfamart S. Supriadi, Sukun. Serta hingga sampai saat ini pihaknya masih belum mendapatkan laporan resmi dari korban pembobolan. 

Menurut Didik, hasil pembobolan yang dinilai relatif tidak cukup besar pihaknya menduga bahwa pelaku yang melakukan pembobolan hanya satu orang dan masih terbilang pelaku baru. 

"Belum kelas kakap. Soalnya kalau sudah sering kali (mencuri atau membobol, red) pasti habis itu. Lah ini cuma nyuri (barang-barang, red) sedikit," ujarnya. 

Pihak INAFIS Polresta Malang Kota pun tadi juga tampak diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di lokasi kejadian untuk menemukan bukti-bukti baru agar mempermudah penyelidikan. 

Sementara itu pihak Alfamart S. Supriadi belum dapat memberikan konfirmasi maupun keterangan kepada awak media terkait peristiwa pembobolan yang membuat pihak Alfamart S. Supriadi mengalami kerugian hampir Rp 2 juta rupiah. 

Namun, menurut penuturan tukang parkir bernama Nunung (73) yang berada di sekitar TKP Pembobolan, mengatakan bahwa Alfamart Jalan Sudanco Supriadi mulanya beroperasi 24 jam. Namun setelah adanya program PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro jam tutup berubah menjadi pukul 22.00 WIB.  

Nunung menuturkan bahwa jika sudah masuk pada waktu jam tutup toko, kawasan tersebut gelap dan sepi. "Kalau sudah tutup, toko itu tidak ada yang menjaga sama sekali. Kondisinya gelap, lampu-lampunya dimatikan semuanya," ujarnya. 

Lebih lanjut, Nunung menduga bahwa pembobol Alfamart memanfaatkan situasi yang gelap dan sepi tersebut untuk melancarkan aksinya mencuri barang-barang berharga yang terdapat di dalam toko tersebut. "Dengan memanfaatkan kondisi sepi dan gelap itu, pelaku bisa saja membobol toko tersebut," imbuhnya. 

Ternyata, menurut penuturan Nunung tidak hanya Alfamart yang menjadi korban pembobolan maling. Beberapa pedagang yang berjualan di depan Alfamart tersebut juga sempat mengalami kejadian pencurian. 

"Tiga kios makanan dan minuman yang berada di halaman toko Alfamart tersebut beberapa kali juga telah menjadi korban pencurian. Korbannya sering kehilangan mulai dari elpiji 3 kg, alat penggorengan, bahkan mesin blender. Buah jambu 20 kilogram juga pernah dicuri," tandasnya. 

Nunung pun sebagai masyarakat yang setiap harinya menjaga parkir di kawasan tersebut berharap agar maling yang melakukan pembobolan di Alfamart dapat segera ditemukan agar tidak menimbulkan keresahan kembali.

Topik
pencurian di alfamartAlfamart Malangpencurian toko
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru