Ingin Melamar Kerja di Perusahaan, Keterampilan Dasar Ini yang Wajib Kamu Miliki

Mar 06, 2021 15:31
Ilustrasi (Foto : Internet)
Ilustrasi (Foto : Internet)

INDONESIATIMES – Bekerja di perusahaan menjadi impian banyak orang untuk mendapatkan penghasilan. Terlebih lagi bisa bekerja di perusahaan multinasional. Hanya saja, perlu banyak persiapan untuk bisa masuk ke perusahaan. Karena harus bersaing dengan pelamar kerja lainnya.

Saat ini, perusahaan tidak hanya melihat pelamar dari nilai akademis dan keahlian pada disiplin ilmunya, tapi juga melihat sejumlah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh pelamar.

Apa saja keterampilan dasar yang harus dan wajib dimiliki? Berikut uraiannya, seperti yang dirangkum JatimTIMES dari berbagai sumber.

Komunikasi

Kemampuan dasar yang satu ini tentunya sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Karyawan yang mampu berkomunikasi dengan baik, melalui tulisan, verbal, maupun nonverbal bakal mendapat nilai lebih dan punya peluang besar.

Selain pintar berkomunikasi dengan baik, pelamar juga harus mampu menjadi pendengar yang baik. Hal itu dikarenakan nantinya saat bekerja, karyawan harus mampu memahami perintah atasan, permintaan dari klien, maupun rekan kerja.

Berpikir Kritis

Berpikir kritis juga menjadi salah satu hal dasar yang sangat penting dimiliki calon karyawan perusahaan. Berpikir kritis di sini juga diartikan memiliki pemikiran kreatif demi memajukan perusahaan tempat calon pelamar bekerja nantinya.

Calon pelamar yang dapat berpikir kreatif akan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang sederhana. Selain itu juga dapat membuat berbagai alternatif dari solusi yang ada. Untuk itu banyak perusahaan yang mencari calon karyawan yang memiliki kemampuan ini.

Etika

Etika yang dimaksudkan ialah kemampuan karyawan dalam kedisiplinan kerja hingga interaksi karyawan dengan rekan kerjanya nanti. Perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang mengerti dan mengikuti peraturan perusahaan, jujur dan dapat dipercaya, serta juga dapat diartikan dengan profesionalisme kerja dan tanggung jawab.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu juga menjadi hal dasar yang penting, dikarenakan saat bekerja nanti akan ada banyak sekali deadline yang harus dikejar setiap harinya. Apabila tidak dapat memanajemeni waktu dengan baik, nantinya akan merasa kewalahan ketika sudah bekerja disuatu perusahaan. 

Selain itu juga harus bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang lebih urgent, dan harus bisa memperkirakan kapan penyelesaiannya, agar semua tugas dapat terselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan.

Kerja Tim

Bekerja di dalam sebuah perusahaan tentu sangat berbeda dengan menjadi freelancer. Menjadi karyawan perusahaan berarti harus bisa bekerja dalam tim agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan. Oleh sebab itu, untuk menanamkan keterampilan ini, dapat dimulai dengan cara mengikuti berbagai macam organisasi untuk mengasah kerjasama tim.

Melek IT

Di era yang serba canggih saat ini, teknologi tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu para calon pekerja harus mengerti dan memahami IT. Dalam artian, dapat menggunakan perangkat teknologi seperti komputer atau laptop.

Saat ini banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang mengerti program-program umum seperti Microsoft Office. Selebihnya, seperti mengedit gambar atau pun video dianggap sebagai nilai tambah.

Topik
Lowongan Kerjapelamar kerjaJATIMTIMES

Berita Lainnya

Berita

Terbaru