Mual dan Demam Pasca Vaksinasi? Berikut Makanan yang Direkomendasikan untuk Hilangkan Efek Samping Vaksin Covid-19

Mar 06, 2021 09:36
(Foto : Internet)
(Foto : Internet)

INDONESIATIMESVaksin Covid-19 yang diprogramkan pemerintah kepada seluruh kalangan masyarakat dapat memberikan dampak yang baik. Terutama untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh, agar masyarakat tidak dengan mudah terpapar virus Covid-19. Selain memberikan efek yang baik, vaksin ternyata juga dapat menyebabkan efek samping ringan pada beberapa orang.

Sejumlah orang melaporkan merasakan efek bereda-beda setelah mendapatkan vaksin Covid-19. Efek samping vaksinasi seperti demam, nyeri di lengan, lemas, sampai nyeri ditubuhnya. Hal tersebut diakibatkan dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh usai divaksin. 

Namun, tidak perlu khawatir, dikarenakan efek samping yang sering dialami masyarakat setelah divaksin merupakan tanda bahwa vaksin sedang bekerja untuk membentuk antibodi di dalam tubuh pasien.

Untuk itu, agar dapat meringankan efek samping yang dirasakan setelah memperoleh vaksin Covid-19 tersebut, pasien dapat mencoba mengonsumsi beberapa makanan tertentu, yang dapat menambah kekebalan untuk mempercepat pemulihan.

Makanan Mengandung Air Tinggi 

Dilansir dari Kompas.com, bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar pasien mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air tinggi setelah mendapatkan vaksin.

Asupan cairan sangat penting bagi orang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 agar dapat meringankan efek samping setelah divaksin. Serta juga dapat mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang dapat menghidrasi tubuh setelah mendapatkan vaksin.

Mengonsumsi Sup Kaldu

Buat pasien yang setelah mendapatkan vaksin merasa badan kurang enak, dapat mencoba mengonsumsi sup kaldu seperti mie ayam atau juga sup kaldu tulang yang mengandung asam amino glisin dan arigin, yang memilki efek antiinflamasi yang kuat, tentu sangat bagus untuk pasien. 

Sup ayam juga dapat dikonsumsi. Penelitian dalam jurnal Chest membuktikan sup ayam mengandung antiinflamasi ringan. Serta komponen yang ada di dalam sup ayam termasuk ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica juga membantu melawan peradangan.

Konsumsi Sayuran 

Tidak lupa juga pasien harus mengonsumsi berbagai jenis sayuran. Karena sayur banyak mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya konsumsi makanan berkuah yang mengandung sayuran seperti kangkung, kacang-kacangan lentil, kentang dan juga brokoli.

Topik
Vaksinasiefek samping vaksinasimakanan pasca vaksinasiVaksin Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru