Ingin Jadi Kaya Raya? Begini Amalan yang Diwariskan Rasulullah SAW

Mar 06, 2021 07:50
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Dalam ajaran Islam, setiap muslim tidak dilarang untuk menjadi kaya, bahkan dianjurkan agar hidup secara berkecukupan. Ketika menjadi seorang muslim yang kaya dan membelanjakan hartanya untuk Allah SWT, maka pasti akan mendapatkan kelimpahan yang luar biasa.

Rasulullah SAW pun memiliki banyak sahabat yang kaya raya. Mereka bisa menjadi contoh dan tauladan dalam menjalankan amal ibadah. Bahkan, kekayaan para sahabat itu masih tercatat dan dirasakan hingga hari ini.

Lantas, apa sebenarnya amalan yang bisa dikerjakan untuk menjadi sosok yang kaya raya? Rasulullah SAW pun selalu mengajarkan beberapa amalan yang diwariskan hingga kini.

Dari Sahl bin Sa'd, dikisahkan ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan mengadu perihal kefakiran. Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Bila engkau memasuki rumahmu, ucapkanlah salam bila di dalamnya ada seseorang. Bila tidak ada seorang di dalamnya, maka bersalamlah untuk dirimu dan bacalah surat 'Qul huwallahu ahad sekali,". Dikisahkan jika amalan itu dikerjakan dan lelaki tersebut mendapatkan kelimpahan rizki dari Allah SWT hingga meluber kepada para tetangganya.

Sementara itu, dilansir dari channel YouTube Islam Terkini, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, amalan untuk menjadi kaya juga pernah terjadi di masa setelah Rasulullah. Suatu ketika, ada seorang ulama bernama Dr. Muhammad yang tinggal di Makkah dan memiliki teman pengusaha yang tinggal di Jeddah.

Suatu ketika, sang pengusaha meminta untuk diajarkan amalan dan doa kepada Dr. Muhammad. Pengusaha itu hendak mengamalkan doa untuk menambah rizkinya. Dr. Muhammad kemudian menyarankan dalam doanya untuk menyelipkan ayat ke 58 QS Az-Zariyat.

Ayat tersebut kurang lebih memiliki makna, "Ya Allah, wahai dzat yang tidak pernah berhenti kelimpahan rizkinya, Sebaik-baiknya tempat bersandar, berilah aku rizki,".

Berjalannya waktu, satu bulan kemudian pengusaha tersebut menghubungi Dr. Muhammad. Sang pengusaha bercerita jika ia telah mendapatkan keuntungan luar biasa hanya dalam satu bulan setelah mengamalkan doa tersebut.

Dalam Al-Qur'an memang telah dijelaskan bahwa Allah SWT Maha Kuat, Maha Penyayang, dan rizki datangnya hanya dari Allah SWT dan hanya bisa meminta kepada Allah SWT. Karena rizki yang dimiliki Allah SWT tidak akan pernah habis stoknya.

"Dari zaman nabi Adam hingga sekarang, pisang juga seperti itu. Kambing, sapi dan lain sebagainya juga seperti itu," terang ustaz Khalid.

Lebih jauh ustaz Khalid menyampaikan jika di dalam QS Az-Zariyat ayat 56-58 telah dijelaskan jika Allah SWT menciptakan manusia dan jin untuk tunduk, patuh, cinta, dan takut kepada Allah SWT. Allah SWT juga tidak pernah meminta balasan atas rizki yang diberikan. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah tempatnya rizki yang berlimpah dan sebaik-baiknya tempat untuk bersandar.

Topik
ajaran islamRasulullah SAWrizki dari AllahQS Az Zariyat
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru