Serahkan SK Asisten Ahli, Rektor UIN Malang Beri Pesan Ini untuk Para Dosen

Mar 05, 2021 20:25
Rektor UIN Malang, Prof Abdul Haris saat menyerahkan SK kepada WR 1 Bidang Akademik, Prof Zainuddin (Ist)
Rektor UIN Malang, Prof Abdul Haris saat menyerahkan SK kepada WR 1 Bidang Akademik, Prof Zainuddin (Ist)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang Prof Dr Abdul Haris, menyerahkan Surat Keputusan (SK) jabatan fungsional Asisten Ahli kepada sejumlah dosen UIN MALIKI Malang.

Disela penyerahan SK Asisten Ahli itu, Rektor yang humoris ini juga memberikan pesan atau wejangan terhadap para dosen.

Dikatakannya, jika seorang dosen tidak hanya sebatas bertugas mentransfer ilmu kepada peserta didik lalu kemudian selesai. Tetapi, seorang pendidik harusnya menjadi taulan yang baik bagi para peserta didik.

“Tugas dosen itu tidak hanya transfer ilmu pengetahuan saja melainkan juga harus bisa mengajarkan dan mencontohkan nilai akhlak yang baik" ungkapnya dalam penyerahan SK Asisten Ahli kepada para dosen di Aula Gedung Ir. (HC). Soekarno, Kamis (4/3/2021) kemarin.

Lanjut Haris, sapaan akrabnya, diketahui seorang dosen wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tiga poin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Tiga poin tersebut, menjadi sebuah amanah untuk kemudian diterapkan atau diimplementasikan secara langsung oleh seorang dosen dalam menjalankan tugasnya.

"Salah satu poinnya itu yakni menyalurkan, menularkan dan memberikan ilmu pengetahuannya kepada para mahasiswanya,” terang Rektor kelahiran Lamongan itu.

Seorang dosen juga berkewajiban menjadikan seorang mahasiswanya menjadi mahasiswa yang berkarakter dengan memberikan nilai-nilai sikap maupun etika di manapun ia berada, baik di luar kelas maupun di dalam kelas.

"Bapak ibu semuanya, disadari atau tidak karakter atau sikap para mahasiswa bisa terbentuk itu juga karena sikap Anda ketika mengajar mereka. Jadi berhati-hatilah!," pesannya.

Artinya, dalam mendidik tak hanya memberikan sebuah ilmu, namun juga sebuah nilai kehidupan yang baik di keseharian. Sehingga dalam melakukan pendidikan, tidak hanya transfer knowledge, melainkan juga sebuah nilai untuk penanaman karakter.

“Melakukan transfer of value ini tujuannya agar dosen tidak hanya mendidik dengan ilmu namun juga dengan nilai yang baik dalam kehidupan sehari-harinya,” pesan Haris kepada para dosen.

Sama halnya dengan para dosen yang mendapatkan SK asisten ahli yang mendapat wejangan atau pesan moral. Sebelumnya,  Haris juga memberikan pesan terhadap para ASN maupun pegawai kontrak, baik dosen dan pegawai UIN Malang saat penyerahan SK maupun pengambilan sumpah jabatan, Rabu (3/3/2021) lalu.

Rektor asal Lamongan itu menegaskan, jika pengambilan sumpah atau janji pegawai bukanlah sesuatu yang main-main. Pengambilan sumpah bukan sekedar seremonial semata. Terdapat pertanggungjawaban baik di dunia maupun di akhirat.

 

 

Topik
UIN Maliki MalangRektor UIN Malangsk asisten ahliberita pendidikan kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru