Apresiasi Dosen Berdedikasi, Rektor UIN Maliki Jadikan Nama-Nama Kelas

Mar 05, 2021 12:24
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris memberikan apresiasi begitu tinggi terhadap para dosen yang berdedikasi untuk kemajuan UIN Malang. (Ist)
Rektor UIN Maliki Malang Prof Abdul Haris memberikan apresiasi begitu tinggi terhadap para dosen yang berdedikasi untuk kemajuan UIN Malang. (Ist)

MALANGTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Prof Abdul Haris begitu tingginya mengapresiasi dan memberikan penghargaan terhadap  dosen-dosen yang dulu pernah mengajar di kampus Islam negeri terbaik itu.

Bentuk penghargaan yang diberikan Haris adalah dengan menjadikan nama-nama dosen atau pengajar yang berdedikasi tinggi dalam pengabdian dan menginfakkan ilmunya menjadi nama-nama ruangan kelas di seluruh fakultas UIN Maliki Malang.

Nama-nama seperti Prof Dr H Muhaimin MA, Prof Dr H Asmaun Sahlan MAg, Prof Dr H Dimyati Ahmadin Mpd, dan  Prof Dr H Turmudi MSi PhD kini telah terabadikan dalam ruangan kelas-kelas di UIN Maliki Malang.

"Bisa pejabat atau tidak pejabat. Tidak pernah menjabat tapi beliau para dosen itu mengabdikan diri secara serius, maka kita abadikan namanya menjadi nama ruangan kelas," ungkap rektor kelahiran Lamongan itu.

Terkait hal ini, Prof Haris  tak main-main. Rektor telah memberikan instruksi kepada para dekan fakultas untuk mendata dan mendaftar nama-nama  dosen dahulu yang memang layak namanya diabadikan di ruang-ruang kelas. "Dan ini sudah saya sarankan juga kepada dekan (untuk membuat daftar list)," jelas rektor yang humoris ini.

Lebih lanjut dijelaskan,  penghargaan ini sangatlah perlu. Sebab, ini sebagai bentuk apresiasi dari lembaga kepada para dosen yang sebagian besar mengabdikan hidupnya untuk memajukan UIN Maliki Malang.

Bahkan, seperti salah satu cerita pegawai UIN Maliki Malang, di sebuah perguruan tinggi di Kansas, Amerika, ruang-ruang kelas juga diberi nama dari para dosen-dosen yang berdedikasi itu. "Itu memang penting. Mengapa? Agar nama-nama mereka tak hilang," terangnya.

Untuk saat ini, masih belum semua kelas diberi nama dosen-dosen yang berdedikasi tinggi. Saat ini, setiap fakultas masih terdapat satu nama yang telah diabadikan menjadi nama ruangan kelas.

"Nanti terserah dekan siapa yang dipilih. Tapi saya berharap, itu (nama) dimulai dari yang lama-lama," kata Prof Haris.

Sebelumnya, pada Jumat, (11/9/2020), Prof  Haris juga melakukan peresmian nama dua gedung atas nama almarhum Prof Dr Drs H A Malik Fadjar MSc dan KH Drs Achmad Masduqi Machfudz terhadap gedung halaqoh dan asrama mahasiswa. Dua tokoh tersebut juga merupakan guru atau dosen di UIN Maliki Malang yang penuh dedikasi mengabdikan diri untuk kemajuan UIN Maliki Malang.

Topik
UIN Maliki MalangRektor UIN MalangRektor UIN Malang Prof Abd Haris MAg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru