10 Hari Jalankan PPKM Mikro, Hanya 8 Kecamatan di Kabupaten Malang Masuk Zona Hijau

Mar 04, 2021 20:11
Bupati Malang Sanusi (kiri, masker putih) saat menyerahkan bendera tanda zonasi covid-19 kepada Camat Kepanjen Abai Saleh (kanan) yang diperuntukkan ketika perpanjangan PPKM berskala mikro. (Foto: istimewa)
Bupati Malang Sanusi (kiri, masker putih) saat menyerahkan bendera tanda zonasi covid-19 kepada Camat Kepanjen Abai Saleh (kanan) yang diperuntukkan ketika perpanjangan PPKM berskala mikro. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mengklaim pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro cukup efektif untuk menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Malang.

”Sampai sekarang, perkembangan (kasus Covid-19) di Kabupaten Malang sudah mengalami penurunan,” ucap Wahyu saat ditemui awak media usai menghadiri salah satu agenda pemerintahan di Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (4/3/2021).

Menurut dia, efektivitas PPKM mikro ini bisa dibuktikan dengan bertambahnya zona hijau covid-19 di Kabupaten Malang. Dijelaskan Wahyu, sampai dengan saat ini sedikitnya sudah ada sekitar 8 kecamatan yang masuk dalam zona hijau covid-19.

”Kan kita (Kabupaten Malang) sekarang zona hijaunya saja sudah ada 8 kecamatan,” ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Suwadji menuturkan, zona hijau di tingkat kecamatan mengalami penambahan. Sebab, dari data pada Rabu (3/3/2021) kecamatan yang masuk zona hijau ada 7.

”Yang sudah masuk zona hijau covid-19 adalah Kecamatan Ampelgading, Jabung, Kasembon, Ngantang, Pagak, Tirtoyudo, Tumpang,” ucapnya saat dihubungi media online ini, Kamis (4/3/2021).

Sekedar informasi, jumlah kecamatan di Kabupaten Malang ada 33 kecamatan. Pada 22 Februari 2021 atau sehari sebelum PPKM mikro jilid II berlangsung, kecamatan zona hijau di Kabupaten Malang hanya ada 5.

Sementara itu, merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 4 Tahun 2021, perpanjangan PPKM berskala mikro dimulai sejak 23 Februari hingga 8 Maret 2021. Artinya dalam kurun waktu 10 hari atau tepat hingga hari ini, jumlah zona hijau di tingkat kecamatan hanya bertambah 3 wilayah.

 

Topik
Kabupaten Malangppkm mikro

Berita Lainnya

Berita

Terbaru