Komitmen Tata Kelola Good Governance, Pemkot Malang Lakukan Ini dengan BPKP

Mar 04, 2021 18:46
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) dan Alexander Rubi, kepala perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, usai tanda tangani kesepakatan. (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji (kiri) dan Alexander Rubi, kepala perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, usai tanda tangani kesepakatan. (Foto: Humas Pemkot Malang)

MALANGTIMES - Pemkot Malang terus berkomitmen dalam tata kelola good governance. Komitmen itu dilakukan salah satunya dengan menandatangani kesepakatan tentang pengembangan manajemen kinerja dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur, Kamis (4/3/2021).

“Kami ingin ke depannya lebih mantap lagi komitmen kita semua. Yang kita bangun adalah bagaimana menciptakan Pemerintahan Kota Malang yang lebih baik lagi dari semua sisi,” ungkap Wali Kota Malang Sutiaji.

Lebih lanjut dijelaskan, peningkatan kinerja pada semua sisi merupakan sebuah keharusan. Terlebih lagi, hal ini juga menjadi sebuah kompetisi dengan daerah lain yang juga semakin kompetitif dalam membangun peningkatan kinerja.

Salah satu poin dalam kesepakatan tersebut adalah peningkatan tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance) dengan mengembangkan dan menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Dalam hal ini, SPIP merupakan salah satu sistem pengendalian pemerintah yang dilaksanakan oleh BPKP. 

SPIP ini adalah  proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan maupun seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

Tak hanya itu. SPIP juga mampu mengakomodasi laporan melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Karena itulah, dalam mencapai pemerintahan yang good governance, diperlukan pendampingan dan bimbingan guna mencapai peningkatan kinerja yang baik. "Ini perlu. Tentu agar ke depannya kinerja kami semakin hari semakin baik,” imbuh Sutaiji.

Sementara, Alexander Rubi, kepala perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, dalam paparan singkatnya mengatakan, BPKP mempunyai kemampuan dalam teknis pengelolaan keuangan dan kinerja daerah. Selain itu, BPKP memiliki kewenangan penyelenggaraan pengawasan dan kewenangan  dalam pembinaan SPIP.

“Berkaitan dengan substansinya sendiri, peningkatan manajemen kinerja dari BPKP.  Tetapi diharapkan peningkatan kinerja  menjadi orientasi kita bersama," pungkasnya.

Topik
Pemkot MalangWali Kota Malang Sutiajibpkp jatimGood governance

Berita Lainnya

Berita

Terbaru