Jaga Kondusifitas Kota Malang, FKDM Tingkat Kota dan Kecamatan Dikukuhkan

Mar 04, 2021 18:45
Wali Kota Malang Sutiaji, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang (Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang (Humas Pemkot Malang)

MALANGTIMES - Menjaga stabilitas Kota Malang dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, terus digelorakan Pemkot Malang.

Upaya tersebut dilakukan Pemkot Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) sebagai leading sektor dengan menggelar Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, kewaspadaan lebih dini merupakan hal penting dan begitu diperlukan untuk mengantisipasi berbagai macam gangguan yang berpotensi terjadi. Dalam kewaspadaan tentu di dalamnya masuk unsur-unsur kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan.

Potensi sekecil apapun, diharapkan tak boleh dianggap remeh. Sebab, kembali lagi, jika potensi benturan atau gangguan di suatu daerah bisa saja muncul setiap saat. Karena itulah, diperlukan  kepekaan dan kesiagaan sebagai antisipasi.

"Benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis dan ideologi setiap saat bisa muncul, sehingga deteksi dini adanya indikasi dan potensi gangguan keamanan harus selalu dilakukan di lingkungan masing-masing," ungkapnya dalam sambutan pada kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Batu, Kamis (4/3/2021).

Karena itu, Sutiaji berharap, agar FKDM nantinya mampu mengantisipasi dan mewaspadai potensi gangguan atau gesekan yang muncul. Sinergitas dengan seluruh elemen turut diperlukan dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas Kota Malang.

"Dengan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik akan menghadirkan sinergisitas yang terarah dan efektif guna mewujudkan kondusifitas Kota Malang yang aman dan damai," bebernya.

Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Rinawati menambahkan hal yang senada dengan Wali Kota Malang. FKDM mempunyai tugas dan peran penting menjaga kondusifitas Kota Malang.

Laporan yang diberikan FKFM nantinya sebagai bahan pertimbangan dan rekomendasi dalam membuat sebuah kebijakan.

"FKDM memiliki tugas dalam menjaring informasi dari masyarakat. Selain itu, FKDM juga harus menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Malang," pungkasnya.

Topik
Kota MalangBakesbangpol Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru