Temui PKL Kayutangan, Sutiaji Beri Bantuan lewat Dana Gerakan Seribu Rupiah

Mar 04, 2021 18:33
Wali Kota Malang Sutiaji (baju hijau) saat memberikan bantuan kepada PKL Kajoetangan di Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (4/3/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (baju hijau) saat memberikan bantuan kepada PKL Kajoetangan di Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (4/3/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sebanyak 54 pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Kayutangan mendapat santunan dana. Bantuan dana tersebut merupakan hasil Gerakan Seribu Rupiah (Gerbu) yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji secara khusus memulai pemberian bantuan kepada para PKL yang terdampak pembangunan Jl Basuki Rahmat (Kayutangan Heritage) di aula Kantor Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (4/3/2021). Ia menyampaikan, hal ini sebagai salah satu bentuk reward bagi masyarakat, khususnya PKL, yang bersabar lantaran adanya pembangunan area Kayutangan Heritage beberapa waktu lalu.

"Gerbu, Gerakan Seribu ini saya minta terus digerakkan. Ini bentuk apresiasai kepada masyarakat yang mendukung  pembangunan Kota Malang, yang kemarin terdampak. Mereka ada kesabaran, kami berikan reward," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Sutiaji menyampaikan konsep penataan PKL di kawasan Kayutangan ke depan menyusul hadirnya destinasi wisata sejarah di Kota Malang. Ia berharap, tak perlu ada kekhawatiran dari warga setempat karena nantinya perkampungan juga akan menjadi jujugan para wisatawan. Hal itu bakal memicu pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat setempat.

 "Saya kasih bocoran. Di depan tidak ada PKL. Tapi, masyarakat di sana tidak usah khawatir.  Nanti semua wisatawan biar masuk kampung," ungkapnya.

Sebagai informasi, Gerbu ini merupakan inisiasi di awal pemerintahan Wali Kota  Sutiaji dengan menggaet Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang. Dalam penerapannya, di setiap instansi ASN Pemkot Malang, diberikan kotak khusus yang rutin untuk diisi oleh pegawai setiap harinya senilai Rp 1.000.

Setiap minggu, Baznas  akan melakukan pengumpulan dang penghitungan dari dana yang terkumpul di masing-masing instansi.  Total dana Gerbu sampai dengan akhir Februari  2021 tercatat sejumlah Rp 156 juta.

Topik
PKL Kayutangan Kota MalangWali Kota MalangWali Kota Malang SutiajiKayutangan HeritageGerakan Seribu Rupiah ASN Pemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru