Peringati Bulan Sejarah Wanita, Google Tampilkan Deretan Perempuan Pengukir Sejarah

Mar 03, 2021 20:50
Ilustrasi (Foto : Internet)
Ilustrasi (Foto : Internet)

INDONESIATIMES - Maret merupakan bulan bersejarah bagi kaum wanita di seluruh dunia. Tepatnya nanti di tanggal 8 akan diperingati Hari Perempuan Internasional atau International Woman’s Day.

Tak ayal, hari ini pada tampilan utama Google bertuliskan kutipan “Merayakan Perempuan Pengukir Sejarah, Pelopor, dan Pemimpin Masa Depan”. 

Dari tampilan tersebut, jika di klik pada kutipan, akan menampilkan video yang berdurasikan kurang lebih satu menit. Dalam video tersebut memperlihat sosok perempuan bersejarah di dunia.

Berikut 5 tampilan perempuan pengukir sejarah yang telah menjadi insprirasi bagi banyak kaum wanita dirangkum Google hari ini yakni:

1. Sally K. Ride

Sally-K-Ride6825cebfb8c5fefe.jpg

Perempuan pertama yang ditampilkan Google ialah Sally Kristen Ride. Sally merupakan seorang astrofisikawati dan astronaut asal Amerika Serikat. Pada tahun 1983 juga, Sally menjadi perempuan pertama yang pergi ke luar angkasa. 

Ride mendedikasikan hidupnya setelah perjalanannya keluar angkasa hingga kematiannya pada tahun 2012 untuk meningkatkan Pendidikan Sains, mendirikan Sally Ride Science nirlaba bersama O’Shaughnessy untuk bekerja dengan anak-anak sekolah, kemudian ia juga menulis buku, serta melobi untuk Pendidikan Sains yang lebih baik.

Ride juga ingin mendorong semangat yang lebih besar untuk Sains, terutama pada semua perempuan. “Saya pikir banyak orang menganggapnya sebagai astronot. Tapi mereka tidak menghargai seberapa banyak yang dia lakukan di belakang layar untuk memengaruhi kebijakan luar angkasa, dan juga kebijakan Pendidikan Sains,” ungkap O’Shaughnessy dikutip dari Nationalgeographic.co.id.

2. Marie Curie 

Marie-Curie79bcfc24f288fa4c.jpg

Perempuan bersejarah kedua yang dipilih Google ialah perempuan yang menjadi satu-satunya peraih penghargaan Nobel dengan dua kategori, dan juga merupakan perempuan pertama di Universitas Paris, dia adalah Marie Curie.

Perempuan yang mempunyai nama lengkap Maria Salome Sklodowska juga merupakan salah satu peneliti terpenting dalam bidang radiasi dan kemudian efeknya sebagai perintis radiologi.

3. Cardi B

Cardi-Bb38f0df697b6b608.jpg

Perempuan ketiga ialah Cardi B, yang memiliki nama asli Belcalis Marlenis Amanzar. Cardi merupakan seorang rapper, penulis lagu, dan aktris asal Amerika Serikat. Dan dirinya diakui Forbes sebagai salah satu rapper wanita paling berpengaruh sepanjang masa.

Penghargaan yang telah diraihnya ialah Grammy Award, tujuh Billboard Music Award, lima Guinness World Records, empat American Music Awards, dan sebelas BET Hip-Hop Awards. Dan pada tahun 2018 juga, dirinya dimasukkan Time dalam daftar tahunan 100 orang paling berpengaruh di dunia.

4. Madam C.J Walker

Madam-C-J-Walker420b1e439afb6b7d.jpg

Sarah Breedlove atau yang dikenal sebagai Madam C.J. Walker merupakan salah satu wanita yang berhasil menjadi salah satu perempuan miliarder Afrika-Amerika pertama di Amerika Serikat pada eranya.

Walker memperoleh kekayaannya dengan mengembangkan dan memasarkan lini produk kosmetik dan perawatan rambut untuk wanita kulit hitam melalui bisnis yang sudah ia dirikan, yakni Madam CJ Walker Manufacturing Company. Dan juga ia dikenal karena filantropi dan aktivismenya dalam membantu memberikan sumbangan keuangan ke berbagai organisasi dan menjadi pelindung seni.

Dia juga dengan senang hati mefungsikan Villa Lewaro, yang merupakan perkebunan mewah miliknya dijadikan sebagai tempat pertemuan sosial bagi komunitas Afrika-Amerika, di New York.

5. Tracee Ellis Ross

Tracee-Ellis-Rossee6250727f77c2d3.jpg

Perempuan yang memiliki nama asli Tracee Joy Silberstein merupakan seorang aktris, penyanyi, pembawa acara televisi, produser, dan sutradara Amerika. Tracee dikenal karena peran utamanya dalam serial televisi Girlfriends (2000-2008) dan Black-ish (2014). Selain itu juga Tracee memiliki Pattern Beauty, yang merupakan rangkaian perawatan rambut untuk rambut keriting.

Perempuan yang merupakan putri dari Diana Ross ini juga telah mendapatkan berbagai banyak penghargaan, yakni tiga penghargaan gambar NAACP, penghargaan Golden Globe Aktris Terbaik – Musical atau Komedi Serial Televisi. Dua penghargaan Televisi Pilihan Kritikus dan empat Penghargaan Emmy Primetime untuk Aktris Utama Luar Biasa dalam serial Komedi. 

Topik
GoogleHari Perempuan Internasionalperempuan berpengaruh di dunia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru