Programkan Sambang Wisata, Pemkab Malang Tinjau Potensi di Kecamatan Tiap Akhir Pekan

Mar 03, 2021 18:34
Bupati Malang Sanusi (kiri) saat berkunjung ke salah satu pengrajin gerabah di Kecamatan Pagelaran pada beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)
Bupati Malang Sanusi (kiri) saat berkunjung ke salah satu pengrajin gerabah di Kecamatan Pagelaran pada beberapa waktu lalu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bupati Malang Sanusi dikabarkan bakal melakukan peninjauan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Sabtu (6/3/2021). Agenda peninjauan yang rencananya dilakukan pada akhir pekan ini bertujuan untuk melanjutkan program sambang wisata.

”Mulai Sabtu (27/2/2021) kemarin (program sambang desa) sudah dimulai, nanti Sabtu (6/3/2021) depan gantian ke arah (Kecamatan) Pujon,” ungkap Bupati Malang Sanusi.

Menurutnya, program sambang wisata ini sudah dirintis Sanusi semenjak pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Malang terpilih ditunda. Tepatnya semenjak tugasnya sebagai Bupati Malang digantikan oleh Pelaksana harian (Plh) pada 17 Februari 2021 lalu, pihaknya mengaku telah aktif melakukan sambang wisata.

Hingga akhirnya, setelah resmi dilantik pada 26 Februari 2021 lalu, program yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang ini akhirnya direalisasikan.

”(Program sambang wisata) diagendakan rutin setiap hari Sabtu, diharapkan nanti kita (Pemkab Malang) bisa mengetahui potensi wisata yang ada di setiap kecamatan yang bisa dikembangkan,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Sanusi, potensi wisata di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang ini akan disinergikan dengan pembangunan infrastruktur. ”Potensi wisata yang ada dimasing-masing kecamatan ini akan kita kolaborasikan dengan program lain yang berkaitan dengan infrastruktur,” ulasnya.

Dijelaskan Sanusi, program sambang wisata tersebut juga selaras dengan visi misi pasangan SanDi (Sanusi-Didik Gatot Subroto), saat aktif berkampanye ketika mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 lalu.

Yakni janji untuk mewujudkan Program One Village One Destination and One Village One Product, atau program minimal 1 desa memiliki 1 potensi wisata dan produk. ”Jadi program One Village One Destination and One Village One Product itu yang setiap hari Sabtu akan kita tinjau kesana (tiap kecamatan). Nanti kita akan bersama-sama sambil gotong royong, kerja bakti, bersihkan jalan di setiap yang kita lalui,” ujarnya.

Khusus untuk mewujudkan program One Village One Product, dalam agenda sambang wisata ini Pemkab Malang juga akan meninjau potensi lainnya yang ada di setiap kecamatan. Salah satunya adalah potensi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

”Jadi dalam program sambang wisata ini, selain meninjau potensi wisata juga akan melakukan sambang prodak yang ada didaerah itu,” tukasnya.

 

Topik
sambang wisataBupati Malang Sanusiwisata kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru