Isu Kudeta Partai Demokrat yang Berujung Gugatan Pengadilan hingga Rencana Polisikan AHY

Mar 03, 2021 14:19
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Tempo)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Tempo)

INDONESIATIMES - Isu kudeta Partai Demokrat (PD) kini menjadi polemik panas di dunia politik Indonesia. Kini, polemik tersebut justru mengarah pada "peperangan" kader senior PD yang baru saja dipecat.  

Salah satunya yakni Jhoni Allen Marbun. Tak terima dirinya dipecat dari PD, Jhoni diketahui menggugat Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke pengadilan.  

Dilansir melalui  Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (SIPP PN Jakpus), Rabu (3/3/2021), gugatan Jhoni terdaftar dengan nomor perkara: 135/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst. Jhoni menggugat AHY, Teuku Riefky, dan Hinca Pandjaitan.

Lantas apa saja isi gugatan dari Jhoni terhadap AHY? Berikut isinya:

1 Menerima dan mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya;

2 Menyatakan Tergugat I, Tergugat II dan Tergugat III melakukan perbuatan melawan hukum;

3 Menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum seluruh perbuatan atau putusan Tergugat III terkait pemberhentian Penggugat;

4 Menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum Surat Keputusan Dewan Kehormatan Partai Demokrat Nomor: 01/SK/DKPD/II/2021 Tertanggal 2 Februari 2021 tentang Rekomendasi Penjatuhan Sanski Pemberhentian Tetap Sebagai Anggota Partai Demokrat kepada Saudara drh Jhonni Allen Marbun, MM.

Menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor: 09/SK/DPP.PD/II/2021 Tertanggal 26 Februari 2021 tentang Pemberhentian Tetap Sebagai Anggota Partai Demokrat.

Di sisi lain, kader senior lain yang juga dipecat, yakni Marzuki Alie, berencana membuat laporan ke Bareskrim Polri karena merasa difitnah oleh sejumlah pihak. "(Pelaporan ke Bareskrim) soal fitnah," kata Marzuki.  

Laporan ke polisi itu, kata Marzuki, akan dilakukan terhadap AHY dan Kepala Bakomstra atau jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra. "Ke Herzaky dan AHY," cetus Marzuki singkat.

 Kendati demikian, mantan sekjen Partai Demokrat itu belum mau membeberkan lebih rinci terkait pelaporan ke Bareskrim Polri tersebut.  

Marzuki masih akan melakukan pertemuan bersama pengacaranya siang hari ini. Seperti diketahui, Marzuki Alie bersama 6 kader senior PD telah dipecat karena diduga terlibat dalam isu kudeta. 

Topik
kudeta demokratAgus harimurti yudhoyonomarzuki alieJhoni Allen Marbun

Berita Lainnya

Berita

Terbaru