Gazebo Rest Area di Malang Selatan Rusak Parah Diterjang Hujan Campur Angin

Mar 02, 2021 23:03
Kondisi rest area Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang rusak parah akibat hujan disertai angin kencang (BPBD Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Kondisi rest area Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang yang rusak parah akibat hujan disertai angin kencang (BPBD Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hujan disertai angin kencang menyebabkan banyak kerusakan di sejumlah wilayah Kabupaten Malang, Selasa (2/3/2021). Salah satunya yakni rest area di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di wilayah ini, 13 gazebo rusak parah dan 3 warung rusak sedang akibat diterjang hujan diikuti angin kencang yang terjadi pada siang hari sekitar pukul 14.15 WIB. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan bahwa hujan dengan intensitas tinggi di sertai angin kencang di wilayah Desa Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Sumbermanjing Wetan mengakibatkan 13 gazebo rusak berat dan 3 warung rusak sedang.

Dia menyebutkan gazebo yang disapu hujan bercampur angin kencang ini merupakan rest area atau tempat istirahat pengendara bermotor.

“Hujan disertai angin memang terjadi di wilayah Kabupaten Malang dan merata. Cuma yang berdampak (parah, red) hari ini ada di wilayah Sumbermanjing Wetan,” kata Sadono saat dikonfirmasi MalangTIMES melalui sambungan telepon.

Dari video yang diterima media ini terlihat warga yang ada di sekitar rest area sangat panik ketika hujan disertai angin kencang sedang melanda. Beberapa warga yang terekam kamera handphone terlihat berteriak menyebut nama Tuhan, hal itu dibarengi pohon yang nampak akan roboh.

Sebagian pohon di pinggir jalan roboh menutup akses jalan. Petugas BPBD Kabupaten Malang cekatan merespons laporan dari masyarakat dengan segera melakukan evakuasi pohon yang roboh. Batang pohon yang menutup jalan di sekitar rest area berhasil disingkirkan dengan cepat.

“Kebetulan tadi ini yang paling mendesak kita tangani itu adalah pohon-pohon tumbang sepanjang jalan, karena ada beberapa mobil yang terjebak diantara pohon tumbang. Tapi sudah selesai semua tadi kira-kira sebelum maghrib tadi,” ungkap dia.

Sementara itu, gazebo yang terlihat terbalik karena sapuan angin kencang itu menimbulkan banyak kerugian material. BPBD Kabupaten Malang sendiri menafsirkan kerugian materiil mencapai kurang lebih Rp 15 juta.

“Tidak ada korban, karena mungkin tadi kalau lihat video yang di-Share itu, orang-orang yang ada di dalam rumah pada keluar dan menyelamatkan diri,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Sadono juga mengatakan, selain menyebabkan kerusakan di Sumbermanjing Wetan, juga terdapat kerusakan di tempat lain. BPBD Kabupaten Malang langsung membagi tim untuk menangani persoalan tersebut. Hal itu disebabkan beberapa wilayah juga mengalami bencana meski hanya ada yang seperti pohon tumbang.

“Di daerah Pakis, Tumpang, Jabung, kemudian Ngantang, Kasembon itu tadi hampir merata semuanya hujan disertai angin memang,” terang Sadono.

Topik
Berita MalangSumbermanjing WetanBPBD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru