Setahun Ada Sekitar 900 PNS di Pemkab Malang Pensiun, Didominasi Kalangan Guru

Mar 02, 2021 16:07
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kiri) ketika masih menjabat sebagai Plh Bupati Malang saat menyerahkan SK Pensiun secara simbolis di Pendapa Agung Kabupaten Malang pada beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kiri) ketika masih menjabat sebagai Plh Bupati Malang saat menyerahkan SK Pensiun secara simbolis di Pendapa Agung Kabupaten Malang pada beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah, menyampaikan jika dalam setahun kurang lebih ada sekitar 900 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang pensiun.

”Rata-rata dalam 1 tahun itu (jumlah PNS yang pensiun) antara 800 hingga 900,” ungkapnya kepada media online ini.

Menurutnya, PNS yang pensiun tersebut didominasi dari kalangan pengajar yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang. ”(PNS yang pensiun) Sebagian besar dari lingkungan guru, Dinas Pendidikan,” ulasnya.

Dijelaskan Nurman, ratusan PNS yang pensiun dalam kurun waktu setiap tahunnya tersebut tidak terjadi secara serentak, namun secara bergelombang. ”Pensiun bergelombang, artinya tidak harus sama. Beda dengan kenaikan pangkat, kita (Pemkab Malang) dalam 1 tahun ada 2 kali (kenaikan pangkat PNS),” jelasnya.

Seperti yang sudah diketahui, lanjut Nurman, penyebab dari pensiunnya para PNS yang tidak terjadi secara serentak tersebut, lantaran disesuaikan dengan kelahiran masing-masing PNS.

”Kalau pensiun itu kan bisa sewaktu-waktu, bisa tiap bulan. Namanya kelahiran orang kan berbeda-beda, karena dilihat dari kelahiran orang, jadi bisa macam-macam,” imbuhnya.

Terbukti, merujuk pada data BKPSDM Kabupaten Malang, pada awal tahun 2021 saja sudah ada sekitar 179 PNS di lingkungan Pemkab Malang yang telah pensiun. ”Sementara ini sudah ada 179 PNS yang telah pensiun,” ujarnya.

Pada akhir bulan Februari 2021 lalu, 179 PNS di lingkungan Pemkab Malang yang habis masa baktinya, telah menerima Surat Keputusan (SK) pensiun. ”Karena masih pandemi Covid-19 jadi penyerahan SK pensiun dilakukan secara simbolis,” pungkasnya.

Seperti yang telah masif diberitakan, guna menyiasati banyaknya guru yang pensiun, pemerintah pusat dikabarkan bakal segera membuka pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada bulan Maret 2021 ini.

Seleksi pendaftaran ASN tersebut diperuntukkan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Jika dikalkulasikan, total akan ada sekitar 1,3 juta ASN yang bakal diterima sebagai CPNS maupun PPPK.

Rinciannya, rekrutmen PPPK pada tahun ini ditaksir mencapai 1.111.500. Sedangkan untuk CPNS, pada tahun ini kuota yang disediakan hanya sekitar 160.500 formasi.

Dari 1.111.500 formasi PPPK tersebut, 1 juta di antaranya untuk formasi guru. Kemudian 70.000 untuk PPPK instansi daerah non guru, dan 41.500 PPPK instansi pusat non guru.

Sedangkan dari total 160.500 formasi kebutuhan CPNS, 119.000 di antaranya merupakan CPNS instansi daerah. Sementara itu untuk 41.500 sisanya merupakan CPNS dari instansi pusat.

 

Topik
pensiun guruKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru