Pekan Depan, Guru dan Pedagang Pasar di Kota Malang Divaksin Covid-19

Mar 02, 2021 12:21
Vaksinasi covid-19 pelayan publik beberapa waktu lalu di Puskesmas Arjuno. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Vaksinasi covid-19 pelayan publik beberapa waktu lalu di Puskesmas Arjuno. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Percepatan vaksinasi covid-19 di Kota Malang digencarkan. Di tahap II ini petugas pelayanan publik yang menjadi prioritas satu per satu disasar.

Pekan depan, rencananya giliran guru dan pedagang pasar di Kota Malang yang bakal mendapat vaksinasi covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan terkait tenaga pendididk, baik dari tingkat TK hingga SMA, baik dari lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang maupun dari Kementerian Agama. Kemudian, Dinkes  juga mendata seluruh pedagang pasar rakyat di Kota Malang.

"Pedagang ini di 25 pasar di Kota Malang. Saya targetkan pendataan minggu ini selesai. Bagaimana teknisnya, itu insya Allah minggu depan," ujarnya.

Husnul menjelaskan, proses vaksinasi terhadap para guru ini nantinya bakal dilangsungkan di satu tempat. Hal ini sebagai upaya untuk mempermudah mobilisasi pemantauan pasca-dilakukannya penyuntikan vaksin. Rencananya, vaksinasi bakal dilangsungkan di GOR Ken Arok, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

"Untuk tenaga pendidikan, kami proyeksikan di satu tempat, supaya nanti biar mudah dalam mobilisasinya. Tempatnya insya Allah di GOR Ken Arok," imbuhnya.

Terkait pedagang pasar,  Husnul mengatakan nantinya akan dikonsep berbeda. Mengingat, para pedagang cukup kesulitan apabila harus meninggalkan area tempat berdagangnya. Karena itu, strategi yang diusulkan dengan melakukan jemput bola menghadirkan petugas vaksinasi ke pasar-pasar rakyat di Kota Malang.

"Nah untuk pedagang, sepertinya kesulitan mana kala nanti pedagang meninggalkan lapaknya. Strateginya nanti, mungkin kami (petugas kesehatan) yang jemput mereka. Artinya tim vaksinasi yang datang ke pasar," imbuhnya.

Lebih jauh, mantan direktur RSUD Kota Malang ini mengatakan nantinya pelaksanaan vaksinasi juga akan menyasar petugas pelayan mal di Kota Malang. Pendataan bagi pelayan mal diserahkan kepada masing-masing perhimpunan untuk selanjutnya diserahkan ke Dinkes Kota Malang.

"Iya (petugas pelayan mal divaksinasi). Jadi, pedagang itu ada yang di pasar. Juga perhimpunan kayak mal kemarin juga tanya. Maka kami minta data dulu yang di mal berapa, nanti didaftarkan di Dinas Kesehatan," tandasnya.

Topik
Vaksinasi Covid 19Vaksinasi covid di Kota MalangDinkes Kota MalangPemkot Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru