Anggota DPRD Kota Batu Ludi Tanarto Minta Musrenbang Harus Dongkrak Ekonomi

Mar 02, 2021 10:16
Ludi Tanarto (Foto: Muklas/BatuTIMES)
Ludi Tanarto (Foto: Muklas/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Anggota Komisi A DPRD Kota Batu Ludi Tanarto mengatakan rencana Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Junrejo bisa jadi tolak ukur Pemerintah Kota (Pemkot) Batu agar pembangunan bisa tepat sasaran serta bisa menyentuh langsung ke warga.

"Ada beberapa instrumen buat Pemkot Batu. Harus masuk ke titik sasaran biar masyarakat merasakan hasilnya," kata Ludi.

Selain itu, Ludi menjelaskan bahwa Musrenbang Kecamatan 2021 harus didasari pada upaya peningkatan kualitas kesehatan. Sebab, corona virus disease (covid-19) belum diketahui sampai kapan reda.

Berhubungan dengan pembangunan, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD  Kota Batu ini juga menekankan tahun depan, Pemkot Batu harus memikirkan bagaimana perputaran roda perekonomian masyarakat Kota Batu bisa meningkat. Sebab, kemajuan bangsa ditopang oleh sektor ekonomi. Maka, suntikan dana dan sumber ekonomi harus jadi prioritas utama dalam membangkitkan gairah ekonomi.

"Perlu juga upaya mendongkrak perekonomian. Misal melalui program pemberdayaan. Juga ada skala prioritas: peningkatan kenyamanan masyarakat melalui program perbaikan infrastruktur. Juga peningkatan kualitas pendidikan guna daya saing anak usia sekolah," beber wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Junrejo ini.

Sementara itu, Camat Junrejo Dian Saraswati menambahkan bahwa ada sebanyak 78 usulan dalam Musrenbang Kecamatan Junrejo. Antara lain meliputi pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan, memaksimalkan pelayanan, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat luas.

"Ya, demi kesejahteraan rakyat. Ada poin pemulihan roda perekonomian, kesehatan dan pelayanan publik," kata mantan lurah Songgokerto ini.

Dian menambahkan, sebenarnya usulan itu semua berdasarkan aspirasi dari tiap desa dan kelurahan yang berjumlah 7 desa/kelurahan di wilayah Junrejo. Dari usulan itu, nantinya bakal ada yang diutamakan dalam  pelaksanaannya. Upaya tersebut agar gagasan yang terjaring bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar.

"Semoga benar-benar mengena warga dan bermanfaat. Sebab, pesan Wali Kota Dewanti Rumpoko agar usulan bisa diprioritaskan sehingga mendukung program pemerintah yang akuntabilitas, parsipatif, dan transparan," pungkasnya.

 

Topik
Musrembang Kecamatan JunrejoPemkot BatuDPRD Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru