PPnBM Mobil Baru 0 Persen Berlaku Hari ini, Berikut Tips Beli dan Daftar Mobilnya

Mar 01, 2021 15:09
Toyota Avanza (Foto: Carmudi)
Toyota Avanza (Foto: Carmudi)

INDONESIATIMES - Relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru 0 persen berlaku mulai hari ini, Senin (1/3/2021). Hal ini berdasarkan Keputusan menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021.  

Kabarnya terdapat 21 mobil yang PPnMB-nya akan digratiskan. Pada kepmenperin tersebut, keringanan PPnBM untuk mobil baru dengan syarat memenuhi komponen dalam negeri (TKDN) minimal 70 persen.  

PPnBM untuk mobil baru ini akan berlangsung selama 3 bulan ke depan. Lantas apa saja sih yang perlu diperhatikan untuk membeli mobil baru dalam PPnBM 0 persen ini? Berikut tipsnya:

1. Cek Harga

Harga merupakan hal yang paling krusial untuk memilih mobil baru. Sebelum memutuskan, ada baiknya untuk lebih dulu mengecek rincian harga mobil untuk membandingkan antar varian dan antar model.  Pengecekan ini bisa dilakukan dengan mudah melalui situs resmi merek mobil tersebut.  

2. Tanyakan Diskon

Sebelum diskon PPnBM 0 persen, beberapa diler sudah menawarkan diskon untuk mobil-mobil tertentu. Konsumen tentunya harus pandai-pandai menanyakan lebih dulu apakah diskon itu masih berlaku pada bulan ini atau tidak. Sehingga diskon tersebut nantinya akan bisa ditambah keuntungan dengan diskon PPnBM.  

3. Sesuaikan Kebutuhan

Untuk membeli mobil, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Memang beberapa orang ada yang lebih penting mobil ganteng ketimbang fungsional.  

Ada pula yang butuh untuk bisa memuat banyak penumpang. Rekomendasi mobil baru jika ingin digunakan untuk membawa banyak anggota keluarga. Pilihan jok tujuh penumpang pada low MPV dan low SUV mungkin bisa dipertimbangkan.

Namun jika untuk pembeli mobil pertama atau pasangan yang baru menikah, mobil dua baris seperti hatchback, city car, atau sedan dapat menjadi pilihan.

4. Pilih Merek Terbaik

Dalam membeli mobil, pasti memiliki orientasi penggunaan jangka panjang yang salah satunya meliputi layanan purna jual. Beberapa hal yang bisa jadi latar belakang pemilihan seperti  terdapat dealer dekat rumah, kemudahan akses perawatan, atau tersedia pilihan paket servis rutin dengan harga terjangkau.

Setiap merek tentunya akan melayani konsumen dengan cara berbeda-beda. Riwayat pelayanan merek bisa dipelajari dari berbagai contoh kasus, membaca berita, atau pengalaman orang lain yang sudah pernah membeli.

5. Cermati Skema Pembiayaan

Sebagian besar pembelian mobil di Indonesia dilakukan dengan cara kredit. Sebelum membeli ada baiknya konsumen mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan.

Diskon PPnBM 0 persen seharusnya bisa meringankan cicilan per bulannya. Oleh sebab itu, jangan ragu menanyakan hal ini pada tenaga penjual dealer untuk mendapatkan rekomendasi leasing dan simulasi kredit yang tepat.

6. Perhatikan Harga Jual Kembali

Dil Kiansir situs resmi Honda, bagi pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali bisa menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil.

Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu konsumen mungkin mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Berikut daftar 21 mobil yang mendapat diskon PPnBM 0 persen:  

Toyota Yaris (semua varian)

Toyota Vios (semua varian)

Toyota Sienta (semua varian)

Daihatsu Xenia (semua varian)

Toyota Avanza (semua varian)

Daihatsu Grand Max Minibus (semua varian)

Daihatsu Luxio (semua varian)

Daihatsu Terios (semua varian)

Toyota Rush (semua varian)

Toyota Raize (semua varian)

Daihatsu Rocky (semua varian)

Mitsubishi Xpander (semua varian)

Mitsubishi Xpander Cross (semua varian)

Nissan Livina (semua varian)

Honda Brio RS (semua varian)

Honda Mobilio (semua varian)

Honda BRV (semua varian)

Honda HRV (semua varian)

Suzuki Ertiga (semua varian)

Suzuki XL7 (semua varian)

Wuling Confero (semua varian)

Topik
Relaksasi PPnBMMobil baru harga murah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru