Jalur Ekstrem Kembali Telan Korban, Bukit Klemuk Butuh Bangunan Penyelamat

Mar 01, 2021 14:28
Mobil Izuzu Panther dengan Nopol S1164ZQ alami kecelakaan tunggal di Klemuk Kota Batu, Minggu (28/2/2021) kemarin (Foto istimewa)
Mobil Izuzu Panther dengan Nopol S1164ZQ alami kecelakaan tunggal di Klemuk Kota Batu, Minggu (28/2/2021) kemarin (Foto istimewa)

BATUTIMES – Kecelakaan tunggal kembali terjadi di kawasan Jalan Raya Rejekwesi, Bukit Klemuk, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu. Dalam insiden tersebut, sebuah kendaraan mobil Isuzu Panther dengan Nopol S1164ZQ menabrak pohon. Diduga kecelakaan tersebut terjadi lantaran kendaraan yang mengalami rem blong.

Kanit Laka Lantas Polres Batu, Aiptu Trimo, mengatakan, insiden tersebut terjadi pada Minggu (28/2/2021) kemarin sekitar pukul 09.00 WIB. Kecelakaan tunggal yang dialami oleh Mohammad Azuni (54) warga Jalan A. Yani, RT.26, RW.06, Desa Sentul, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang itu diduga kendaraannya mengalami rem blong.

Awalnya, korban berjalan dari arah Pujon menuju ke Kota Batu dengan melintasi jalur Klemuk, jalur yang dikenal sebagai jalur yang cukup tajam dan ekstrem. Namun karena korban kurang menguasai jalur tersebut, maka pengendara memilih banting stir dan menabrakkannya ke pohon.

"Kemudian, pada pukul 12.00 WIB, kendaraan itu dievakuasi dengan menggunakan mobil derek milik Dishub Kota Batu," ujarnya, Senin (1/3/2/2021).

Diketahui, jalur lintas di Klemuk memang sangat rawan dan sering terjadi kecelakaan, termasuk kecelakaan tunggal. Salah satunya disebabkan tidak adanya jalur penyelamatan. Menurut keterangan warga setempat, Didik mengatakan, jalur di Klemuk memang sangat rawan bagi pengendara. Karena jalurnya sangat terjal dan berkelok tajam.

"Yang saya tahu, dulu sempat disurvei terkait pembagunan penyelemat. Namun hingga kini belum terealisasi," ujarnya.

Terkait hal itu, Kepala DPUPR Kota Batu membenarkan hal tersebut. Memang diperlukannya teknis bangunan keselamatan bagi para pengendara yang melintas di jalur Klemuk.

"Jika ada rekomendasi titik mana yang perlu dibangun, kami akan siap bila diperlukan untuk membangun konstruksi bangunan keselamatan bagi para pengendara," ujarnya.

Topik
Bukit KlemukKota BatuKecelakaan Tunggal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru