Covid-19 Diprediksi Tak Akan Hilang, Bakal Jadi Penyakit Endemik?

Mar 01, 2021 13:20
Covid-19 (Foto: covid-19.kemkes.go.id)
Covid-19 (Foto: covid-19.kemkes.go.id)

INDONESIATIMES - Beberapa negara hingga kini masih disibukkan  melawan virus covid-19. Bahkan muncul penelitian bahwa covid-19 tak akan hilang dari muka Bumi ini.  

Dilansir dari CNBC, menurut penelitian pada Februari 2021 lalu, diprediksi  virus yang pertama ditemukan di Wuhan, China, itu akan menjadi penyakit endemik. Endemik merupakan penyakit yang menetap atau permanen di suatu wilayah. Bahkan, virus tersebut berpotensi menjadi penyakit "normal" dalam kehidupan sehari-hari. 

Prediksi ini mengacu pada penelitian oleh lebih dari 100 imunologis, peneliti penyakit menular, dan virologis. Dari hasil tersebut, 90 persen menunjukkan  virus covid-19 akan menjadi endemik. 

"Saya pikir itu akan menjadi 'budaya' baru bagi dokter menanyakan apakah seseorang terinfeksi bakteri atau terkena virus? Jika seseorang terkena virus, apakah itu flu biasa atau virus corona?" ujar profesor dari La Jolla Institute for Immunology, Erica Ollman Saphire.

Di Indonesia sendiri, beberapa penyakit endemik yang sudah ada seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, hepatitis, dan kusta. Penderita penyakit-penyakit tersebut cenderung membutuhkan waktu cukup lama untuk kembali sehat.  Bahkan penyakit itu menetap dalam waktu lama dari tahun ke tahun hingga menular dan banyak memakan korban jiwa.

 Kendati demikain, Prof Saphire juga memiliki kabar baik.  Menurut dia, meski Covid-19 menjadi penyakit endemik, daya tahan tubuh manusia justru akan menguat. Hal itu tentunya dengan syarat vaksinasi diperluas dan dijadikan vaksin reguler seperti vaksin influenza. 

Selain akan memperlambat penyebaran virus, Prof Saphire percaya  vaksin covid-19 berfungsi meringankan gejala pada pasien yang terpapar. "Lebih baik jika vaksin covid-19 dirancang dan disebarkan secara universal untuk mencegah gejala flu 'biasa' dari covid-19," katanya.

Topik
Virus Covid 19Penyakit endemikVaksin Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru