Tak Bisa Jaga Jarak di Lapas Kelas 1 Malang, 3.303 Warga Binaan Diajukan Terima Vaksin

Mar 01, 2021 13:03
Kepala Lapas Kelas I Malang Anak Agung Gede Krisna saat ditemui awak media usai menjalani penyuntikan vaksin Sinovac Biofarma, Senin (1/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kepala Lapas Kelas I Malang Anak Agung Gede Krisna saat ditemui awak media usai menjalani penyuntikan vaksin Sinovac Biofarma, Senin (1/3/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak 3.303 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang akan diajukan sebagai penerima vaksin covid-19. 

Kepala Lapas Kelas I Malang Anak Agung Gede Krisna mengatakan, pengajuan warga binaan sebagai penerima vaksin dikarenakan warga binaan kesusahan menerapkan physical distancing (menjaga jarak) di lapas. 

Hal itu disebabkan  jumlah warga binaan yang mencapai 3.303 orang melebihi kapasitas lapas yang juga dikenal dengan nama Lapas Lowokwaru itu. Seharusnya kapasitas lapas hanya menampung 1.217 warga binaan. 

"Walaupun sudah divaksin, kita tetap melaksanakan 3M yang di lapas kan sulit. Karena isi lapas ada 3.303, tidak bisa di dalam lapas melaksanakan jaga jarak seperti masyarakat lain," ujarnya, Senin (1/3/2021). 

Oleh sebab itu, Agung berharap warga binaan dapat menerima vaksin seperti para petugas lapas. "Harapan kami adalah di tahapan berikutnya. Teman-teman warga binaan juga bisa ikut dalam pelaksanaan vaksinasi," kata dia. 

Jika warga binaan divaksin, Agung berinisiatif mengajukan pelaksanaan di dalam lapas saja. Apalagi, Lapas Lowokwaru saat ini telah memiliki petugas vaksinator yang bersertifikat melakukan penyuntikan vaksin. 

"Untuk tenaga kesehatan, kami sudah ada 7 orang untuk dilatih melaksanakan kegiatan vaksin. Sudah bersertifikat. Kami tinggal nunggu perintah saja untuk melaksanakan vaksin," ujarnya. 

Penempatan vaksinasi di lapas juga dilakukan agar tidak berdampak kerumunan jika 3.303 warga binaan menjalani vaksin di luar. 
 

Topik
Lapas Kelas 1 MalangVaksinasi Covid 19Warga binaan LapasLapas Lowokwaru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru