Bus Macito Kapan Beroperasional Lagi?

Mar 01, 2021 09:15
Bus Malang City Tour (Macito) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source google).
Bus Malang City Tour (Macito) saat digunakan keliling kota oleh wisatawan. (Foto: source google).

MALANGTIMES - Bagi wisatawan lokal maupun luar daerah yang tengah menanti-nanti untuk menikmati susasana keliling Kota Malang menggunakan Bus Macito (Malang City Tour), nampaknya harus kembali bersabar.

Pasalnya, operasional bus wisata tersebut masih urung bisa direalisasikan dalam waktu dekat ini. Bahkan, rencana untuk menyediakan 4 bus Macito juga harus dipangkas.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Handi Priyanto mengatakan, bus wisata Macito dipastikan bakal tetap beroperasional tahun ini. Hanya saja, saat ini masih terkendala dokumen untuk menuju tahap lelang.

"Ini kita terkendala, jadi belum tuntas rencana untuk lelang. Yang jelas tahun ini akan kita laksanakan (operasional bus Macito)," ujarnya.

Namun, rencana untuk menambah 2 bus Macito baru untuk menyambut warga lokal maupun wisatawan yang ingin berkeliling Kota Malang dengan transportasi ikonik tersebut, masih diurungkan.

Handi menyebut, untuk tahun ini tetap menggunakan bus Macito lama yang dilakukan re-design lebih modern dan sesuai standart keamanan.

"2 unit saja yang ada sekarang itu, nanti dirubah. Jadi dilakukan re-design bus Macito yang lama itu," imbuhnya.

Konsepnya, bus Macito ini bakal disesuaikan dengan spesifikasi bus yaitu bagian lantai atas akan direndahkan. Sehingga, ketika sudah beroperasi nantinya tidak akan khawatir akan terlalu tinggi dan dapat membahayakan karena terlalu mepet dengan kabel yang menjalar dan juga ranting pohon.

Di samping itu, modifikasi bus Macito ini juga harus memenuhi Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Yang pasti, re-design ini lebih bagus, safety, lebih menarik, dan tidak melanggar SRUT," terangnya.

Lebih jauh, pria yang kini juga menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang ini menyatakan, jika proses untuk bisa dilakukan re-design dan lelang telah terselesaikan. Direncanakan, bus Macito bakal bisa beroperasional lagi di tribulan ketiga tahun 2021 mendatang.

"Kalau prosesnya cepat, minimal di tribulan ketiga nanti sudah bisa beroperasi kembali," tandasnya.

Topik
Bus Macitowisata keliling kota malangBus Malang City TourDishub Kota Malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru