5 Cara Meniup Kantong GeNose C19, Cek Aturannya

Mar 01, 2021 07:34
Salah satu calon penumpang kereta api jarak jauh yang sedang meniup kantong GeNose C19, Minggu (28/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Salah satu calon penumpang kereta api jarak jauh yang sedang meniup kantong GeNose C19, Minggu (28/2/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Bagi para pemula atau yang baru pertama kali menggunakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di beberapa fasilitas publik, nampaknya harus memerhatikan lima tahapan atau cara untuk meniup kantong GeNose C19 untuk mendeteksi Covid-19. 

Untuk saat ini, layanan pemeriksaan GeNose C19 telah diberlakukan di beberapa stasiun yang ada di Indonesia, salah satunya di Stasiun Malang Kota Baru yang merupakan wilayah operasional PT KAI Daop (daerah operasional) 8 Surabaya. 

Terkait tahapannya sendiri, bahwa calon penumpang kereta api jarak jauh mengambil nafas dan dibuang melalui mulut selama tiga kali dengan tenang serta harus memenuhi ketentuan yang berlaku. 

"Pertama, buka katup kantong udara dengan cara menekan tombol katup warna biru," tulis dalam pengumuman resmi di bilik GeNose C19 yang ada di Stasiun Malang Kota Baru. 

Kedua, untuk tahap percobaan calon penumpang dituntun untuk mengambil nafas dua kali melalui hidung dan dibuang melalui mulut dengan tetap menggunakan masker. 

Lalu tahapan ketiga, calon penumpang akan melakukan pengambilan nafas ketiga melalui hidung, lalu masker sedikit dibuka dan dari bawah dimasukkan katup kantong ke dalam mulut langsung dihembuskan dalam kantong hingga penuh atau mengembang. 

"Tahap keempat, setelah penuh tekan kembali katup kantong agar udara dalam kantong tidak keluar. Tahap kelima, serahkan kantong kepada petugas di depan anda," terangnya. 

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Luqman Arif menuturkan, bahwa yang dapat menggunakan fasilitas layanan pemeriksaan GeNose C19 untuk mendeteksi Covid-19 hanya untuk calon penumpang kereta api jarak jauh. 

"Teknis pelaksanaan pertama harus punya tiket KA. Sebelum pendaftaran (tes GeNose C19, red) dengan membayar Rp 20 ribu, kita verifikasi tiket tersebut dan dicetak. Setelah itu melakukan tes di bilik yang kita siapkan. Sekitar 5 menit calon penumpang akan dipanggil untuk mengambil hasilnya," ujarnya. 

Selain itu, Luqman juga mengimbau kepada calon penumpang kereta api jarak jauh selama 30 menit sebelum melakukan tes GeNose C19, calon penumpang tidak diperbolehkan merokok, makan dan minum. Boleh minum asalkan hanya minum air putih. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan akurasi pemeriksaan GeNose C19.

Topik
genose c19cara gunakan genose c19Stasiun Malang Kota Barubiaya layanan genoseberita kota malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru