Jalur Kediri-Batu Telah Dibuka, BPBD Kota Batu Imbau Pengguna Jalan Waspada Longsor

Feb 28, 2021 15:03
BPBD Kota Batu melakukan evakuasi longsor di Jalan Brigjend Abd Mananarea (Payung II), Minggu (28/2/2021) (foto: istimewa)
BPBD Kota Batu melakukan evakuasi longsor di Jalan Brigjend Abd Mananarea (Payung II), Minggu (28/2/2021) (foto: istimewa)

EkoBATUTIMES-Hujan lebat sejak pagi hingga malam pada Sabtu (27/2/2021) kemarin, membuat terjadinya longsor di Jalan Brigjend Abd Mananarea Payung II, Kota Batu. Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB dan terjadi longsor susulan sekitar pukul 19.00 WIB.

Hal itu membuat akses jalan Kediri-Batu ditutup total. Pengendara pun harus melalui jalan alternatif. Yakni jalan klemuk.

Koordinator TRC BPBD Kota Batu, Suhartono  mengatakan, pada Sabtu (27/2/2021) kemarin, terjadi longsor di kawasan Payung II. Karena kondisi hujan yang terus menerus mengguyur, pihaknya melakukan evakuasi longsor pada Minggu (28/2/2021).

"Kondisi kemarin memang terlalu berisiko. Karena hujan terus mengguyur. Ketakutannya saat dilakukan evakuasi, akan terjadi longsor susulan," ujarnya, Minggu (28/2/2021).

Kini pihaknya telah melakukan evakuasi longsor di area Payung II. Evakuasi itu dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. 

"Kami bersama tim dari Polres Batu, Koramil Batu, Dinas PUPR, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan, Perhutani, Tagana, RAPI Kota Batu, Agen Bencana Jawa Timur, Garda Relawan, Brigade Penolong dan Paguyuban Pedagang Payung melaksanakan kelanjutan penanganan darurat kejadian bencana longsor di area Payung II," ujarnya.

Saat ini jalan jalur Kediri-Batu itu telah dibuka. "Untuk pengguna jalan diimbau untuk tetap berhati-hati saat berkendara karena kondisi jalan yang licin. Selain itu wasapada jika hujan dan terjadi longsor," imbaunya.

 

Topik
longsor payung kota batupayung batuTanah Longsor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru