Bangunan untuk Pengungsi Korban Longsor di Kota Batu Mulai Didirikan

Feb 27, 2021 14:13
Tim Taruna Siaga Bencana (TAGUNA) Kota Batu melaksanakan pembangunan sementar untuk para pengungsi korban longsor di Dusun Brau Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jumat (26/2/2021) kemarin. (Foto istimewa)
Tim Taruna Siaga Bencana (TAGUNA) Kota Batu melaksanakan pembangunan sementar untuk para pengungsi korban longsor di Dusun Brau Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jumat (26/2/2021) kemarin. (Foto istimewa)

BATUTIMES- Bangunan untuk hunian sementara bagi para pengungsi korban longsor di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, telah dibangun, Sabtu (27/2/2021).

Bangunan sementara dibangun dengan bahan batang bambu. Pembuatan bangunan sementara dilakukan karena tidak bagus berlama-lama tinggal di tenda pengungsi.

Pengerjaan bangunan sementara itu dibangun oleh para Taruna Siaga Bencana (TAGUNA) dibantu oleh dinas terkait. Tim TAGUNA, Simon mengatakan, pelaksanaan pembangunan ini telah rampung dan baru dibangun 3 bangunan. Untuk selanjutnya, pembahasan bangunan secara serentak nanti akan dilaksanakan oleh dinas terkait pada Senin, (1/3/2021) mendatang.

"Pembangunannya sudah rampung dan tinggal pengecatan. Jadi kita dari TAGUNA membuat 3 bangunan sebagai mengawali saja. Sisanya nanti dinas-dinas terkait yang membangun secara serentak. Seperti dinas sosial dan lainnya," ujarnya, Sabtu (27/2/2021).

Bangunan sementara ini akan dibuat dengan jumlah total pengungsi yang terdampak. Diketahui, warga yang terdampak sebanyak 16 KK dengan 53 Jiwa. Pengungsi yang terdampak dan sudah menempati Tenda Keluarga Pengungsi sebanyak 13 KK dengan 44 Jiwa, dengan jumlah ternak terdampak sebanyak 42 ekor sapi dan 13 ekor kambing.

Pemberitaan sebelumnya, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, rencananya lahan yang akan digunakan untuk tempat relokasi itu seluas sekitar 1000 meter persegi. Relokasi ini akan segara dilakukan. Sebab, jika warga mengungsi terlalu lama di tempat pengungsian akan berdampak kurang baik.

"Kami telah melakukan peninjauan di lahan relokasi yang akan digunakan untuk kediaman warga nanti. Dan telah diukur luasnya sekitar 1000 meter persegi," ujarnya.

Topik
berita kota batuTaruna Siaga Bencanasimon

Berita Lainnya

Berita

Terbaru