Waspada! Longsor 2 Titik di Wisata Kuliner Payung 2 Kota Batu

Feb 27, 2021 12:35
BPBD Kota sedang mengevakuasi 2 titik longsor yang terjadi di Jalan Brigjend Abd Manan (Payung 2), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jumat (26/2/2021) kemarin (Foto istimewa: BPBD Batu)
BPBD Kota sedang mengevakuasi 2 titik longsor yang terjadi di Jalan Brigjend Abd Manan (Payung 2), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jumat (26/2/2021) kemarin (Foto istimewa: BPBD Batu)

BATUTIMES - Kawasan Wisata Kuliner Payung di Kelurahan Songgokertoa, Kecamatan Batu, Kota Batu kembali dilanda bencana. Setelah sebelumnya jalan retak di kawasan Wisata Kuliner Payung 1, kini bencana terjadi di Wisata Kuliner Payung 2. Kawasan Wisata Kuliner Payung 2 dilanda longsor. Terdapat dua dua titik longsor sekaligus pada kawasan objek wisata di Jalan Brigjend Abd Manan (Payung 2), Jumat (26/2/2021) kemarin, sekitar pukul 18.09 WIB.

Longsor tersebut, terjadi akibat hujan deras dan mengakibatkan pergerakan tanah. Titik pertama, longsor berdimensi panjang 7 meter, tinggi 8 meter dan lebar timbunan 2 meter. Kemudian pada titik kedua, lokasi yang tidak jauh dengan titik pertama, longsor terjadi lagi. Dengan berdimensi panjang 5 meter, tinggi 4 meter dan lebar timbunan 2 Meter.

Hal itu mengakibatkan bahu jalan dan saluran irigasi tertutup material longsor berupa tanah dan bebatuan.

Koordinastor TRC BPBD Kota Batu, Suhartono mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan harap berhati-hati ketika melintas di kawasan payung. Mengingat cuaca yang kurang baik saat ini. "Kami telah memasang rambu-rambu longsor agar pengguna jalan lebih berhati-hati dalam berkendara," ujarnya, Sabtu (27/2/2021).

Diketahui juga, kawasan payung 1 saat ini masih dalam perbaikan jalan. Diharapkan kendaraan yang melintas mematuhi terkait adanya penyaringan lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Mala Darius mengatakan, akibat terjadinya longsor ini dilakukan penutupan jalur. "Kami telah melakukan penutupan jalur. Sehingga baik kendaraan dari arah Batu-Malang-Kediri maupun sebaliknya dan kita minta putar balik," ujarnya.

Topik
wisata kuliner PayungBerita BatuBPBD Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru