Purna Tugas, Sekda Kota Malang Pilih Manjakan Keluarga dan Jadi Pejuang Lingkungan

Feb 26, 2021 18:00
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto bakal berakhir pada 28 Februai 2021 ini. Namun, secara kegiatan kedinasan, hari ini (Jumat, 26/2/2021) merupakan akhir dari kegiatannya.

Siang ini, Wasto turut menghadiri agenda Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi di Mini Block Office. Di momen tersebut, juga terselipkan agenda berpamitan dirinya kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Ditemui awak media, Wasto menceritakan mulai menjalani kegiatan kedinasan di Pemkot Malang sejak tahun 1980-an dengan berbagai lika-liku kedinasan. Hingga, di tahun 2017 dirinya menjabat sebagai Sekda Kota Malang hingga masa pensiun ini.

Ia mengaku, setelah masa jabatannya berakhir tersebut, dirinya akan lebih sering meluangkan waktu untuk keluarga. Mengingat, waktu dirinya bekerja sebagai pejabat publik ini, dikatakannya cukup mendedikasikan waktu untuk berkegiatan di kedinasan.

"Setelah saya pensiun saya akan sedikit memanjakan anak istri dari sisi waktu. Apalagi saya sudah punya cucu, tugas pokok saya nanti menjadi MC, momong cucu. Itu akan saya prioritaskan," ungkapnya.

Wasto menyebut, momen pensiuannya benar-benar akan dimanfaatkan untuk mengisi waktu bersama keluarga. Termasuk kepada mertuanya, mengingat kedua orangtuanya memang telah wafat.

"Waktu sibuk-sibuknya di kedinasan ini, ketika orang tua saya meninggal, perasaan saya kok belum maksimal berbakti kepada orangtua. Saat ini ada mertua saya, itu juga akan saya  prioritaskan untuk keluarga," imbuhnya.

Dikenal sebagai seorang yang peduli lingkungan, Wasto nantinya juga akan terus aktif sebagai kader lingkungan. Apalagi, banyak permintaan dari teman-teman komunitas untuk dirinya tetap aktif di lingkungan.

"Teman-teman kader lingkungan ya memang minta. Karena waktu saya menjadi Sekda cukup pasif, setelah ini mereka minta saya untuk aktif kembali. Dan kebetulan saya menjiwai dan menghayati sebuah lingkungan," terangnya.

Lebih lanjut, ia pun berpesan kepada siapa saja nantinya yang akan menggantikan dirinya menjabat sebagai Sekda Kota Malang, agar bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sesuai aturan.

"Tanpa saya berpesan pun, siapapun nanti yang akan menjabat sebagai Sekda pasti akan bekerja sesuai tupoksinya," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, selama mengabdi di lingkungan Pemkot Malang, Wasto banyak memberikan penyegaran baru, khususnya dalam hal kebersihan dan keindahan lingkungan. Dia juga dikenal sebagai sosok yang humble dan bersemangat di setiap aktivitasnya.

Beberapa program yang telah dicanangkannya, di antaranya, menginisiasi Bank sampah Malang yang hingga kini masih berjalan. Kemudian, adanya Kader Lingkungan, Malang Ijo Royo-Royo, Kampung Tematik, hingga taman-taman di Kota Malang.

Topik
Sekda kota malangWastoBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru