Harga Cabai di Kota Malang Makin Meroket

Feb 26, 2021 12:48
Cabai rawit yang harganya kian meroket. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Cabai rawit yang harganya kian meroket. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Beberapa kebutuhan pokok komoditi di Kota Malang dalam belakangan ini terus meroket. Cabai misalnya, salah satu yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi.

Di Pasar Klojen Kota Malang, harga cabai dalam sepekan ini terus mengalami lonjakan. Seperti cabai rawit, yang kini menyentuh harga mencapai Rp 100 ribu per kilogram. "Seminggu terakhir ini harganya terus naik dari Rp 60 ribu, naik sampai sekarang jadi Rp 100 ribu per kilogram. Kalau cabai merah besar tetap Rp 30 ribu," ungkap seorang pedagang di Pasar Klojen Kota Malang, Sulis.

Menurut Sulis, kenaikan harga cabai rawit dipicu pasokan dari petani yang juga mengalami kenaikan. Belum lagi, kualitas cabai yang  diterima juga dinilai tidak bagus.

Kemudian, curah hujan tinggi membuat tanaman cabai mengalami kerusakan dan rontok sebelum masa panen tiba. "Masih terus hujan, harganya jadi mahal. Tapi kualitas cabainya jelek," imbuhnya.

Akibat harga cabai yang terus mengalami lonjakan, Sulis mengaku berpengaruh terhadap konsumennya. Banyak dari pembeli dikatakannya mengurangi jumlah pembelian cabai di tempatnya. "Harga mahal, jadi konsumen itu misal biasanya beli 1 kilogram, sekarang jadi dikurangi jadi setengah kilogram," katanya.

Sementara itu, untuk komoditi lainnya dikatakan Sulis juga mengalami kenaikan, tapi relatif masih stabil. Di antaranya, bawang putih yang dari sebelumnya di harga Rp 22 ribu per kilogram menjadi Rp 24 ribu per kilogram. "Terus kalau bawang merah itu saat ini Rp 30 ribu per kilogram, sebelumnya itu Rp28 ribu per kilogram. Masih stabil kalau yang lain," tandasnya.

Topik
Berita MalangHarga Cabai RawitCabai Rawit Mahal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru