Seleksi Pengganti Sekda Kota Malang Dibuka Awal Maret 2021

Feb 26, 2021 09:50
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Tersisa 3 hari jelang berakhirnya bulan Februari 2021, seleksi untuk jabatan Sekda (Sekretaris Daerah) Kota Malang urung juga dilakukan. Padahal, jabatan Sekda Kota Malang Wasto bakal resmi berakhir pada 28 Februari ini, lantaran dirinya telah memasuki masa pensiun.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan perihal seleksi Sekda rencananya baru akan dimulai pada awal Maret mendatang. Pasalnya, izin untuk panitia seleksi (Pansel) Sekda baru mendapat izin dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ya, sejak awal Februari lalu, dari sejumlah panitia seleksi (pansel) Sekda yang diajukan, beberapa di antaranya dari Provinsi Jawa Timur. Mereka, yakni Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, Kepala BKD Provinsi Jawa Timur Nurkholis.

Lalu, akademisi perguruan tinggi di Kota Malang, di antaranya Rektor UIN Prof Abdul Haris dan Dekan FIA Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Bambang Supriyono MS. "Persetujuan dari Gubernur sudah ada yang kami meminta Sekda Prov untuk jadi Pansel," ujarnya.

Setelah proses tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Malang baru akan mengumumkan seleksi jabatan Sekda Kota Malang di Awal Maret 2021. Yang mana, telah dijadwalkan pada Senin 1 Maret 2021. "Setelah itu, baru Senin boleh diumumkan," imbuhnya.

Karenanya, untuk sementara waktu, jabatan pengganti Sekda Kota Malang akan diisi oleh Penjabat (Pj) Sekda sembari menunggu sekda definitif terpilih. Pj sekda itu, nantinya akan ditentukan langsung oleh Sutiaji sebagai hak prerogatif Wali Kota.

Namun untuk nama bakal Pj Sekda yang akan ditunjuk, Sutiaji masih enggan membeberkannya. Ia hanya mengatakan telah mengantongi sejumlah nama, yang hal itu pula masih perlu menunggu persetujuan dari Provinsi Jawa Timur. "Itu hak prerogratif wali kota. Kandidatnya, ASN yang memenuhi. Tapi tetap nanti diusulkan dulu, karena arus ada persetujuan dari provinsi juga," pungkasnya.

Topik
Berita MalangSutiajiWastoseleksi sekda kota malangseleksi sekdaKhofifah Indar Parawansa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru