Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Wujudkan Herd Immunity, Hari ini Pemkab Malang Mulai Kebut Vaksinasi untuk Prioritas ke-2

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Lazuardi Firdaus

25 - Feb - 2021, 18:18

Petugas vaksinator saat melakukan skrining kesehatan terhadap peserta vaksinasi sebelum disuntik vaksin Covid-19. (Foto: istimewa)
Petugas vaksinator saat melakukan skrining kesehatan terhadap peserta vaksinasi sebelum disuntik vaksin Covid-19. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo, memastikan mulai hari ini (Kamis 25/2/2021) tahap awal vaksinasi terhadap prioritas ke-2 telah dilangsungkan.

”Kemarin (Selasa 23/2/2021) vaksin yang dikirim oleh Pemprov (Pemerintah Provinsi Jawa Timur) pada tahap ke-2 sudah mulai diambil oleh pihak faskes (Fasilitas Kesehatan). Sedangkan mulai hari ini tahapan vaksinasi tahap awal untuk prioritas ke-2 telah dimulai,” ucapnya.

Seperti yang sudah diberitakan, pada Senin (22/2/2021) Kabupaten Malang mendapat pasokan vaksin tahap ke-2 sebanyak 4.060. Ribuan vaksin tersebut, diperuntukkan guna merealisasi vaksinasi untuk prioritas ke-2.

Total, pada tahap awal vaksinasi terhadap prioritas ke-2 ini, akan diperuntukkan bagi 20.300 orang. Nantinya, sebanyak 20 ribu sekian orang tersebut akan mendapatkan suntikan 2 kali. Artinya, sebanyak 4.060 vaksin yang baru diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini, bisa digunakan untuk 40.600 suntikan.

Sementara itu, dari hasil pendataan Dinkes Kabupaten Malang, akan ada sedikitnya 4 kategori yang akan menerima suntikan vaksin pada pengiriman tahap ke-2 ini. Di mana, 1 kategori di antaranya merupakan prioritas ke-1 penerima vaksin yang belum mendapatkan suntikan pada pendistribusian vaksin tahap pertama. Yakni para nakes.

Sedangkan 3 kategori lainnya, merupakan prioritas ke-2 penerima vaksin Covid-19. Mereka adalah unsur Polri, TNI, guru, dan beberapa unsur pelayanan publik lainnya termasuk para awak media.

”Vaksinasi terhadap para nakes ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni mulai hari ini hingga Sabtu (27/2/2021). Sasarannya ada 3 ribu nakes,” jelasnya.

Dua hari kemudian, tepatnya pada Senin (1/3/2021) vaksinasi terhadap prioritas ke-2 diagendakan baru akan dimulai. Sementara ini sasaran utamanya adalah anggota Polri, TNI, dan para guru.

”Dari hasil pendataan sementara, TNI (penerima vaksin tahap ke-2) kurang lebih itu ada 1.300 orang, kemudian Polri kemungkinan juga sama, 1.300. Baru kemudian nanti guru juga akan divaksin, saat ini masih terus kita data,” ucapnya.

Setelah 4 prioritas tersebut terealisasi, lanjut Arbani, sasaran vaksinasi selanjutnya adalah mereka yang ada pada skala prioritas ke-2. Yakni unsur pelayanan publik termasuk wartawan.

”Prioritas pertama adalah 4 itu (Nakes, Polri, TNI, dan Guru), baru nanti yang lain-lainnya seperti wartawan itu menyusul kemudian. Setelah data masuk, nanti akan kita lanjutkan vaksinasi untuk kategori lain yang ada di prioritas ke-2,” pungkasnya.

Sekedar informasi, terdapat 4 prioritas penerima vaksin Covid-19 untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok. Dinkes Kabupaten Malang menyebut, setidaknya sudah ada 1.350.398 penduduk di Kabupaten Malang yang diproyeksikan menerima vaksin Covid-19, guna mewujudkan kekebalan kelompok tersebut.

Rinciannya, prioritas ke-1 yakni nakes sejumlah 8.075 orang. Kemudian prioritas ke-2  yakni kepada unsur pelayanan publik mulai dari anggota TNI, Polri, guru, dan petugas pemadam kebakaran yang ditotal berjumlah 67.419 orang.

Sedangkan prioritas ke-3 diperuntukkan bagi masyarakat yang masuk kategori rentan terpapar Covid-19 sebanyak 556.417 orang, dan pelaku ekonomi sejumlah 440.242 orang. Kemudian pada prioritas ke-4, vaksin Covid-19 akan menyasar kalangan masyarakat umum dalam rentang usia antara 18 hingga 59 tahun, yang jika dijumlahkan ada sekitar 278.245 orang.

 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Lazuardi Firdaus