Disdikbud Kota Malang Didatangi Asosiasi Guru Agama Islam, Ini Yang Dibahas

Feb 23, 2021 19:22
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM saat menerima silaturahmi dari DPD AGPAII Kota Malang. (Ist)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM saat menerima silaturahmi dari DPD AGPAII Kota Malang. (Ist)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang mendapat kunjungan Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kota Malang, Selasa (23/2/2021). 

Kedatangan organisasi guru agama tersebut disambut langsung Kepala Disdikbud Suwarjana SE MM yang  didampingi Kepala Seksi Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-formal Bidang Pembinaan Ketenagaan Wiwik Indarti.

Suwarjana sangat menyambut baik kedatangan  DPD AGPAII Kota Malang. Dia juga menegaskan  sangat terbuka terhadap siapa saja, baik institusi maupun yang lainnya, untuk berdiskusi demi kemajuan pendidikan, khususnya di Kota Malang.

“Terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dari DPD AGPAII Kota Malang. Pada dasarnya kami sangat welcome atau menerima siapa saja yang datang untuk berdiskusi, berkomunikasi, bertukar pendapat, dan sharing dengan kami," ucapnya.

Menurut Suwarjana,  Disdikbud Kota Malang sebagai institusi tidak dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik tanpa adanya kerja sama, komunikasi, koordinasi serta dukungan dari berbagai pihak. Terrmasuk salah satunya DPD AGPAII Kota Malang.

Dengan duduk bersama untuk mendiskusikan sesuatu hal, utamanya terkait pendidikan, tentunya akan memperoleh output yang positif, dapat memperkaya informasi, dan lebih memperdalam pengetahuan untuk kemajuan dunia pendidikan, khususnya di Kota Malang. "Diskusi ini tentunya memperkaya informasi dan menambah pengetahuan kami yang mana ada berbagai hal yang mungkin tidak kami ketahui kemudian kami menjadi tahu," ungkapnya.

Lebih lanjut Suwarjana  mengatakan, pihaknya bersama jajarannya akan berusaha maksimal untuk mengakomodasi serta mewujudkan beberapa pokok bahasan yang disampaikan dalam pertemuan ini berdasarkan peraturan yang berlaku dan kewenangan yang ada serta sesuai tupoksi Disdikbud. "Semoga inisiasi bapak dan ibu dapat membawa manfaat bagi kita semuanya," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD AGPAII Kota Malang H Moh. Muslih SPdI yang saat ini juga menjabat sebagai kepala SDN Ciptomulyo 1 Malang mengatakan,  AGPAII secara nasional didirikan pada Maret tahun 2007 silam di Jakarta. Dan di Kota Malang juga telah terbentuk sebagai rumah besar guru pendidikan agama Islam, sebagai wadah komunikasi, koordinasi, dan silaturahmi.

“Tentunya di AGPAII agar dapat saling berbagi, saling bantu membantu dan memberikan solusi bilamana menemukan permasalahan dalam menjalankan tugas pokok serta fungsinya sebagai guru pendidikan agama Islam,” ucapnya.

Kedatangan DPD AGPAII Kota Malan itu turut dihadiri jajaran pengurus lainnya, seperti Dr KH Moch. Sulthon MPd selaku pembina, H Candra Achmadi SE selaku kasi PAIS Kemenag Kota Malang, H Moh. Muslih SPdI selaku ketua AGPAII, Drs H Musthofa MPdI selaku wakil ketua, Dra Hj Choirulil Fatih MA selaku bendahara, Ir Syamsiyah Wahyuningsih dan Hj Siti Masrokha SAg selaku anggota bidang kurikulum.

Kasi PAIS Kantor Kementrian Agama Kota Malang H Candra Achmadi SE turut menjabarkan bahwasanya saat ini keanggotaan AGPAII Kota Malang sejumlah 604 orang guru pendidikan agama Islam.

"Ke-190 orang GPAI berstatus aparatur sipil negara (ASN) dengan rincian 106 orang GPAI pada jenjang SD, 42 orang GPAI pada jenjang SMP, 19 orang GPAI pada jenjang SMA dan 23 orang GPAI pada jenjang SMK. Sedangkan sisanya sejumlah 414 orang GPAI berstatus guru tidak tetap (GTT) dengan rincian 245 orang GPAI di jenjang SD, 79 orang GPAI di jenjang SMP, 25 orang GPAI di jenjang SMA dan 56 orang GPAI di jenjang SMK," pungkasnya.

Topik
Disdikbud Kota MalangAGPAI Kota Malangpendidikan di kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru