Lanjutkan Pembangunan RS Lapangan Covid-19, Pemkab Malang Jalin Komunikasi dengan Pemprov

Feb 22, 2021 20:24
Plh Bupati Malang Wahyu Hidayat (pakaian dinas warna hitam) saat meninjau kesiapan Rusunawa ASN sebagai RS Lapangan Covid-19, Senin (22/2/2021). (Foto: Istimewa)
Plh Bupati Malang Wahyu Hidayat (pakaian dinas warna hitam) saat meninjau kesiapan Rusunawa ASN sebagai RS Lapangan Covid-19, Senin (22/2/2021). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan Covid-19 di Kabupaten Malang terus berlanjut. Bahkan, hari ini (Senin 22/2/2021) Pelaksana harian (Plh) Bupati Malang Wahyu Hidayat meninjau kesiapan RS Lapangan tersebut.

”Untuk peninjauan hari ini Pemkab Malang melalui Pak Bupati Malang terpilih (Sanusi), mengajukan agar Rusunawa ini akan kita usulkan ke Gubernur (Jawa Timur) untuk dijadikan RS Lapangan Covid-19,” ungkapnya kepada MalangTIMES saat ditemui awak media di sela agenda peninjauan Rusunawa Aparatur Sipil Negara (ASN) di area Blok Office yang ada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (22/2/2021).

Dari hasil peninjauan RS Lapangan Covid-19 di Rusunawa tersebut, dijelaskan Wahyu, kesiapannya diklaim sudah mendekati 100 persen. ”Siap, semua sudah siap, hanya nanti tinggal kita ajukan ke Gubernur,” imbuhnya.

Dalam pengajuan tersebut, lanjut Wahyu, Pemkab Malang berharap akan ada bantuan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) pendukung untuk perealisasian RS Lapangan Covid-19. ”Hanya tinggal sarana prasarana dengan SDM-nya saja, kalau dari ini (Rusunawa ASN) sudah siap semua,” ulasnya.

Terbukti, diterangkan Wahyu, hingga hari ini Rusunawa ASN telah dimanfaatkan untuk isolasi mandiri terhadap orang yang terpapar Covid-19. Bahkan, beberapa diantaranya kebanyakan telah dinyatakan pulih paska menjalani isolasi di gedung observasi Covid-19 tersebut.

”Bagus, dari sini (Rusunawa ASN, red) sampai saat ini hanya ada 18 orang. Hari ini 3 diantaranya sudah keluar, sedangkan 15 lainnya saat ini sedang menjalani pemulihan,” jelasnya.

Meski mengklaim banyak pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, namun Wahyu beranggapan keberadaan RS Lapangan Covid-19 tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

”Tidak (overload), jadi lebih ke antisipasi saja, karena kita kan ke depan tidak tahu. Tapi kalau memang nanti akan ada perhatian dari Pemprov (Pemerintah Provinsi Jatim) ya Alhamdulillah. Karena kita akan dapat bantuan berupa sarana sama SDM-nya,” ujarnya.

 

Topik
Berita Malang plh bupati malang wahyu hidayat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru