Lama Dinantikan, Sanitary Landfill Kota Malang Difungsikan Tahun ini

Feb 22, 2021 12:21
Tumpukan sampah di TPA Supit Urang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Tumpukan sampah di TPA Supit Urang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Proyek Sanitary Landfill yang digadang-gadang sebagai salah satu upaya mengatasi permasalahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kecamatan Sukun, Kota Malang bakal segera dijalankan.

Rencananya, Juli 2021 mendatang, proyek tersebut akan mulai difungsikan. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Budi Heriyanto.

"Untuk Sanitary Landfill akan dioperasikan sekitar bulan Juli tahun ini, sekarang masih tahapan perekrutan SDM," ujarnya.

Apalagi, di Kota Malang, produksi sampah rumah tangga per harinya cukup tinggi, yakni sekitar 485 ton. Sampah-sampah itu berasal dari 69 Tempat Penampungan Sampah (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Malang.

Dengan volume sampah yang terus naik inilah, diperkirakan TPA Supit Urang memerlukan waktu 2 tahun lagi untuk penuh dan normalisasi. Karenanya, kata Budi, penggunaan Sanitary Landfill dirasa lebih efektif dalam pengelolaan sampah.

Proyek ini juga dinilai aman bagi lingkungan sebagaimana telah direkomendasikan pemerintah pusat. Karena menerapkan teknologi pencegahan pencemaran yaitu pengurukan dan pengelolaan air lindi (leachate) dan penangkapan gas metan yang bisa dimanfaatkan untuk sumber energi seperti, kompor masak, dan yang lainnya.

"Seperti gas metan itu nantinya juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kompor," jelasnya.

Diketahui, proyek Sanitary Landfill yang menelan dana mencapai Rp 195 Miliar ini merupakan kerja sama dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR dengan Pemerintah Jerman dalam Program Emission Reduction in Cities-Solid Waste Management (ERIC-SWM).

Dengan dioperasionalkan teknologi tersebut, maka penampungan sampah di TPA Supit Urang paling tidak mampu bertahan selama kurang lebih 6 hingga 7 tahun.

Topik
TPA Supit Urangproyek Sanitary LandfillKota MalangPengelolaan Sampah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru